Kondisi Pendidikan Memprihatinkan, Mahasiswa Morowali Utara Akan Bertemu Pemerintah Daerah

2 0 376
Gambar untuk Kondisi Pendidikan Memprihatinkan, Mahasiswa Morowali Utara Akan Bertemu Pemerintah Daerah
Palu, Scientia–Puluhan mahasiswa dari Kabupaten Morowali Utara selesai melakukan Jelajah Edukatif. Mereka akan menemui Pemerintah Daerah Morowali Utara untuk menindaklanjuti temuan terkait sarana dan prasarana pendidikan di Dusun Sumbol Desa Taronggo Kecamatan Bungku Utara.

Arif Pandolo selaku inisiator Jelajah Edukatif mengatakan bahwa dirinya dan rekan-rekanya merasa prihatin dengan kondisi di dusun itu, sebab, tidak adanya pendidikan formal disana. Salah satu sebabnya dalah akses menuju Dusun Sumbol yang masih menggunakan jalan setapak.

Ditambah lagi listrik di Dusun Sumbol yang masih menggunakan lampu cas dan tenaga surya menambah keprihatinan mereka akan kondisi dusun tersebut.

Selama di Dusun Sumbol, 24 mahasiswa yang menjadi relawan mengajar murid-murid yang berada di Sekolah Lipu. Sekolah tersebut merupakan sekolah binaan salah satu Yayasan yang bergerak di sektor pemberdayaan masyarakat di Sulawesi Tengah.

Namun, akibat selesainya program Yayasan tersebut aktivitas belajar mengajar disana juga terhenti.

Jumlah murid yang bersekolah di Sekolah Lipu tersebut ada sekitar 30an. Mereka semua ditampung di satu kelas. Sebab, tidak ada urutan kelas seperti sekolah formal disini. Bahkan di Dusun Sumbol sekolah formal seperti Sekolah Dasar pun belum ada. Makanya, kehadiran sekolah lipu menjadi alternatif bagi masyarakat disini untuk menyekolahkan anaknya.
Namun, hal itu masih saja terbatas.

Orang tua murid yang ada di Dusun Sumbol merasa senang sekali karena kedatangan komunitas yang berisikan relawan-relawan yang peduli pendidikan. Sebab, kebanyakan orang tua di Dusun Sumbol sangat merespon kemajuan pendidikan di dusun mereka. Supaya anak-anak mereka memiliki masa depan yang cerah. Hanya saja, karena tidak adanya sekolah formal disana sehingga anak-anak disana kurang mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

“Seharusnya ini menjadi tugas bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara”, Tegas Arif.

Sebab, kewajiban bagi negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Sudah lama Negara Indonesia merdeka akan tetapi masih ada rakyatnya yang belum tersentuh pendidikan formal. Oleh karena itu, setelah kegiatan ini kami akan berdialog dengan Pemda.” tukuk Arif.

Kedepan Tim dari Jelajah Edukatif akan menghadap Pemerintah Daerah Morowali Utara untuk menyampaikan hasil kegiatan mereka agar ada perhatian dari pemerintah untuk dibangun sekolah dasar disana.

sumber : scientia.id

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar