Komunikasi 2 Arah antara Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat ) dengan Masyarakat

4 1 136
Gambar untuk Komunikasi 2 Arah antara Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat ) dengan Masyarakat
Selasa 5 Mei 2021 pukul 09.00

Bertempat di Kelurahan Mojopanggung , Kecamatan Giri , Sibat Mojopanggung dengan didampingi PMI Banyuwangi beserta Fasilitator Ola dan Juna dari PMI Pusat Jakarta.
Menghadirkan beberapa unsur masyarakat yaitu : ketua Rt , lansia , ibu hamil , ibu rumah tangga , remaja putra dan putri ,bapak dan anak beserta bapak.
Sibat dengan keterbatasan yang dimiliki sehingga melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya mengantisipasi atau menghadapi bencana , sehingga komunikasi 2 arah sangat dibutuhkan agar ada umpan balik antara Sibat dan masyarakat agar tepat sasaran untuk memperbaiki program program PMI.

Sibat yang ada di bawah atau di masyarakat harus mampu menerima dan mencatat compain masyarakat , sehingga terjadi umpan balik atau tindak lanjut , Sibat harus turun ke masyarakat untuk menggali informasi dan mencari komunikasi yang efektif yang paling diminati oleh mereka , ternyata yang paling di minati adalah lewat media Wa , sms , dan media tatap muka .

Setelah kita gali dari beberapa unsur masyarakat yang hadir dapat , Sibat ketahui umpan balik dari mereka setelah diberi pertanyaan - pertanyaan banyak masukan - masukan diantaranya :
- program PMI atau Sibat disampaikan ke kelurahan nanti kelurahan bisa menyampaikan ke grup wa Rt.
- meminta Sibat turun ke masyarakat melalui tatap muka mengenai penanganan gempa atau Retrofitting di (arisan pkk ,pengajian atau komunitas komunitas yang ada di masyarakat).
- minta diadakan simulasi di masyarakat agar lebih siap siaga apabila terjadi gempa.
- pertanyaan dengan adanya percontohan rumah retrofitting apa ada program lagi dan bagaimana cara mengajukannya ..
- apa Sibat hanya ada di kelurahan Mojopanggung saja ( Sibat ada di 25 desa ) tetapi yang kerja sama dengan Amcross hanya kelurahan Mojopanggung dan kelurahan Tamanbaru
Selama 1 jam terjadi komunikasi umpan balik antara Sibat dan unsur masyarkat yang hadir.

#komunikasiumpanbalik#
#sibatmojopanggung#
#pmibanyuwangi#

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Ola
Tamu
Mantap. Semoga selalu mesra hub Sibat dan Masy, dan Sibat banyak dapat umpan balik dari masy
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar