Kolaborasi Babinsa dan Relawan GASA dalam Posko PPKM Mikro Kelurahan Wirogunan

0 0 74
Gambar untuk Kolaborasi Babinsa dan Relawan GASA dalam Posko PPKM Mikro Kelurahan Wirogunan
Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum kenunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Berbagai upaya menekan penyebaran virus terus dilakukan oleh pemerintah dan elemen masyarakat. Salah satunya dengan keberadaan Posko PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berbasis mikro.

Posko PPKM Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta telah dibentuk sejak dikeluarkan instruksi Walikota Yogyakarta No. 2 Tahun 2021 tentang PPKM berbasis mikro, Senin (8/2/2021).

Posko PPKM Mikro tersebut melibatkan berbagai elemen, baik Kelurahan, LPMK, Koramil 06, Polsek Mergangsan dan Relawan GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) Kel. Wirogunan.

Sebagaimana yang disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam kompas.com menyatakan, posko di tingkat desa atau kelurahan diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

"Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif," kata Wiku dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/2/2021).

Ia menjelaskan posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Wakil Ketua Posko Mikro Kel.  Wirogunan, Abdul Razaq menyatakan keberadaan posko berfungsi membantu pemerintah dan masyarakat dalam menekan penyebaran virus. Selain itu berfungsi sebagai edukasi bagi masyarakat.

Keberadaan posko Covid-19 sangat berarti dalam memantau perkembangan Covid-19. Disamping sebagai bagian edukasi bagi masyarakat, khususnya dalam protokol kesehatan.

"Kolaborasi semua pihak, baik Babinsa, Kelurahan, Polsek dan Relawan GASA, Pengurus RT dan RW serta tokoh masyarakat, bahu membahu memaksimalkan keberadaan Posko PPKM Mikro", ujar Razaq yang juga sebagai Ketua LPMK Wirogunan.

Sementara Babinsa Wirogunan, Serka Danang Supriyadi menyatakan, keberadaan posko PPKM Mikro sangat membantu masyarakat. Selain sebagai pusat informasi, edukasi dan turut membantu masyarakat dalam mencari solusi Covid-19.

"Telah dibentuk tim piket jaga setiap hari. Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mengatasi Covid-19 di Kel. Wirogunan. Harapannya perkembangan atas Covid-19 dapat diketahui lebih cepat dan lebih cepat langkah yang akan diambil”, ujar Danang di posko PPKM Mikro Wirogunan, Rabu (24/2/2021)

Keberadaan PPKM Mikro sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar