Kodim 0815/Mojokerto Kerahkan Babinsa Kawal Percepatan Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia

0 0 144
Gambar untuk Kodim 0815/Mojokerto Kerahkan Babinsa Kawal Percepatan Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia
Mojokerto, - Kendati cakupan vaksinasi Covid-19 dosis satu di Kabupaten Mojokerto sudah di atas 73 persen, TNI, Polri, bersama Pemkab Mojokerto terus bergerak mendukung percepatan vaksinasi nasional guna terwujudnya herd immunity di Kabupaten Mojokerto. Selain dosis satu dan dua, sasaran vaksinasi Covid-19 kini difokuskan pada Lansia.

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., mengatakan, sesuai hasil Rakor Evaluasi Covid-19 di Kota Batu, Rabu lalu, untuk vaksinasi Lansia harus digenjot sampai cakupan 70 persen terpenuhi. Paling tidak pada pertengahan November mendatang, target tersebut harus terpenuhi.

Ditegaskannya, hingga hari ini cakupan vaksinasi Lansia di Kabupaten Mojokerto masih dibawah angka 50 persen. Bila vaksinasi Lansia dilakukan secara serentak, merata dan menyeluruh di 304 desa/kelurahan se-Kabupaten Mojokerto dengan mengerahkan Nakes dari 27 PKM ditambah Bidan Desa, maka dalam dua minggu ke depan target 70 persen vaksinasi bagi Lansia bisa terpenuhi.

Masih lanjutnya, pihaknya sudah koordinasi dengan Forkopimda terkait pelaksanaan vaksinasi Lansia. Pihaknya juga sudah memerintahkan Pasiops dan Pasiter Kodim 0815 untuk koordinasi dengan Dinkes, dan Danramil jajaran untuk mendorong dan mengawal percepatan vaksinasi bagi Lansia di wilayah Kabupaten Mojokerto. ”Para Danramil juga koordinasi dengan Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) dan Kepala UPT Puskesmas di wilayah masing-masing, sekaligus mengerahkan seluruh Babinsa untuk mengawal percepatan vaksinasi bagi Lansia, baik secara tersentral maupun door to door”, tandasnya, Sabtu (30/10/2021).

Ditambahkan, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Herman Hidayat, terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khusus Lansia, pihaknya sudah koordinasi dengan Dinkes, juga meminta para Danramil Jajaran untuk koordinasi langsung dengan Kepala UPT Puskesmas di wilayah masing-masing. ”Mulai Kamis kemarin hingga dua minggu ke depan, Kodim 0815/Mojokerto mengerahkan ratusan Babinsa Koramil Jajaran untuk melakukan pengawalan dan pendampingan percepatan vaksinasi khusus Lansia secara serentak di wilayah Kabupaten Mojokerto. Namun demikian vaksinasi dosis satu dan dua bagi semua sasaran juga tetap berjalan”, tutupnya.

Di tengah pencapaian target 70 persen cakupan vaksinasi dosis satu bagi Lansia, hingga kini TNI, Polri, dan Pemda terus geber vaksinasi. Seperti, Sabtu (20/10) di wilayah Dawarblandong, Lansia yang berhasil divaksin hari ini sebanyak 243 orang dengan rincian dosis satu 54 dosis dan dosis dua 189 dosis. Kemudian di wilayah Dlanggu 208 dosis, Pacet 156 dosis, Gedeg 140 dosis, Kemlagi 136 dosis, Sooko 89 dosis, Mojoanyar 81 dosis, Kutorejo 78 dosis, Puri 71 dosis, Mojosari 59 dosis, Trowulan 54 dosis, Jetis 24 dosis, dan Trawas 21 dosis.

Sebelumnya, di wilayah Gondang, vaksinasi Lansia secara terpusat dan door to door berlangsung di lima desa, yakni Desa Kebontunggul, Desa Wonoploso, Desa Gondang, Desa Karangkuten, dan Desa Bakalan, dengan sasaran 194 Lansia. Pun demikian dengan lima wilayah kecamatan lainnya, serbuan vaksinasi Covid-19 tetap berlangsung dengan sasaran khusus Lansia dan masyarakat umum.

Melansir dashboard data Sistem Informasi (SI) Satu Data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Data Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur, Per tanggal 29 Oktober 2021 pukul 18.00 WIB. Untuk Kabupaten Mojokerto, cakupan vaksinasi Covid-19 dosis satu mencapai 73,29 persen dan dosis dua 40,16 persen. Sedangkan khusus untuk Lansia, cakupan vaksinasi Covid-19 dosis satu baru mencapai 44,58 persen dan dosis dua 15,88 persen.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar