Klarisan.com; pasar virtual strategi pemulihan ekonomi di tengah pandemi covid-19

4 0 264
Gambar untuk Klarisan.com; pasar virtual strategi pemulihan ekonomi di tengah pandemi covid-19
KLARISAN.com adalah sebuah pasar virtual sederhana yang dimaksudkan sebagai e-commerce bagi pelaku UKM di wilayah Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Kata 'Klarisan' diadaptasi dari bahasa Jawa 'Kelarisan'yang dalam bahasa Indonesia berarti banyak pembelinya atau laris-manis. Sesuai dengan harapan para pelaku UKM agar produk dan jasanya bisa laris-manis diapresiasi oleh masyarakat luas.
Pasar virtual untuk UKM ini merupakan wujud gandeng-gendong yang diprakarsai oleh Kelurahan Wirogunan, akademisi UKDW (Bapak Bambang Hediono), Ketua Forkom UMKM Kemantren Mergangsan (Ibu LN Idayani) serta owner javaharmony.com (Bapak Heru Notodirjo). Dengan konsep Segoro Amarto klarisan.com diinisiasi sebagai strategi bangkitnya perekonomian ditengah pandemic Covid-19.
Berangkat dari kesadaran akan potensi sumber daya yang ada, dimana wilayah Mergangsan merupakan salah satu sentra industri kreatif dan pariwisata kota Yogyakarta, dimana banyaknya kerajinan, kuliner, konveksi, hotel-guest house, coffee shop serta produk dan jasa lainnya, Klarisan.com diharapkan mampu menjadi salah satu pendorong peningkatan kualitas UKM, memperluas promosi dan jejaring pemasaran, serta menstimulasi tumbuhnya rintisan usaha ekonomi kreatif yang baru.
Jumat, 2 Juli 2021, bertempat di Ruang Mufakat Kemantren Mergangsan, tim inovasi Kemantren Mergangsan melakukan temu diskusi dengan tim kreator klarisan.com. Klarisan.com merupakan salah satu inovasi yang hendak diangkat dalam IGA Awards 2021 oleh kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan. Maka dalam pertemuan tersebut selain membahas mekanisme sistem kerja klarisan.com, juga disampaikan proyeksi pengembangan klarisan.com ke depan.
Klarisan.com walaupun dikemas sangat sederhana, namun di kondisi era pandemic saat ini, dianggap menjadi solusi strategis bagi pemulihan ekonomi lokal di Kota Yogyakarta. Bapak Heru Notodirjo menyampaikan “klarisan.com tidak seribet market place lain yang mewajibkan user ataupun supplier membuat akun terlebih dahulu. Mengedepankan kearifan lokal, aplikasi ini ramah bagi masyarakat menengah ke bawah sekalipun. Yang gaptek tetap bisa pake, bahkan yang malas nulis, cukup dengan voice note saja nanti aplikasi yang menerjemahkan.” Di era pandemic dimana masyarakat dituntut untuk lebih mengoptimalkan pasar online ini, customer support klarisan.com juga siap membantu melalui whatsapp, dan memberikan kemudahan pembayaran bahkan sampai ke luar negeri.
Mantri anom Kemantren Mergangsan, menyampaikan bahwa klarisan.com yang sudah di launching oleh Wakil Walikota Yogyakarta pada 10 Oktober 2020 itu akan terus dikaji pengembangannya. “Kami siap mengawal klarisan.com, karena ini merupakan embrio kekayaan digital Mergangsan, yang apabila dikembangkan dengan optimal, tidak hanya sebagai pasar virtual, namun juga bisa menjadi potensi terbukanya lapangan kerja baru seperti kurir dan tenaga administrasi, yang mungkin juga bisa direplikasi oleh wilayah lain, mengingat user dari klarisan.com ini bukan hanya warga Mergangsan, namun juga sudah merambah ke wilayah-wilayah sebelah.” jelasnya. Pada kesempatan tersebut pula, sekaligus dilakukan percobaan praktek pemesanan kuliner via klarisan.com oleh tim.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar