Kiswah Female Ajak Jamaah Belajar Eco-Enzyme

4 0 125
Gambar untuk Kiswah Female Ajak Jamaah Belajar Eco-Enzyme
Tiap kali menyebut kata โ€œsampahโ€™, serta merta yang muncul pertama kali di benak adalah rasa risih dan konotasi yang negatif. Padahal, jika dilihat dengan lebih mendalam dan komprehensif, problem sampah juga menyediakan peluang yang besar untuk berbuat baik.

Demikian pengantar yang disampaikan Indah, ketika menjadi narasumber Kiswah Female (Kajian Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah Khusus Perempuan) pada Sabtu (10/04) di Cerme.

โ€œMengolah sampah adalah salah satu bagian dari cara kita bersyukur kepada Allah,โ€ tegas kader Fatayat NU yang juga merupakan pegiat utama ASBAG (Asosiasi Bank Sampah Gresik) itu.

Tidak sendiri, Indah bersama dengan Dewi menemani jamaah Kiswah Female belajar tentang bagaimana mengolah sampah organik di rumah. Lebih spesifik, jamaah juga diajak mengenali manfaat dari Eco Enzyme. Tak hanya sekedar teori, jamaah juga diajari praktik membuat Eco Enzyme.

Ditemani sajian puding dan sirup dari bunga telang, jamaah yang hadir tampak antusias mengikuti uraian Indah dan Dewi. Terlebih saat sesi praktik dan diskusi, mereka tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk memperdalam seluk beluk Eco Enzyme. Dua jam durasi kajian berlangsung pun dirasa begitu cepat berlalu.

Wenda, pengelola Rumah Baca Nusantara yang merupakan mitra Fatayat NU Kab. Gresik dalam memfasilitasi terselenggaranya Kiswah Female, memiliki alasan khusus dalam menghadirkan kedua nara sumber. โ€œSelain kader Fatayat dan pegiat ASBAG, Mbak Indah dan Mbak Dewi juga berkhidmah mengelola Kebun Pemulihan di Kelurahan Gending. Ilmu dan pengalaman mereka berdua tentu sangat berharga untuk dibagikan kepada jamaah.โ€

Ia menambahkan, tema kajian kali ini merupakan kontinyuasi dari tema Kiswah Female sekian bulan yang lalu, yakni โ€œFiqh Sampahโ€. Dengan tema yang lebih spesifik seperti ini, ia berharap jamaah Kiswah Female semakin termotivasi untuk secara mandiri mengolah sampah organik di rumah masing-masing.

Kontributor berita : Fauzi

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar