Kini Hadir Layanan BLUe

4 0 184
Gambar untuk Kini Hadir Layanan BLUe
Kementerian Perhubungan terus berinovasi untuk memberikan kemudahan layanan perizinan melalui pemanfaatan teknologi digital. Kini telah hadir layanan BLUe (Bukti Lulus Uji Elektronik) untuk menggantikan buku uji kendaraan atau yang biasa disebut KIR.

BLUe terdiri dari dua sertifikat tanda lulus uji, dua stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan dan satu smart card dengan teknologi Near Field Communication (NFC).

Kini kartu uji yang dikenal umum sebagai buku uji diganti menjadi kartu pintar, sedangkan tanda uji yang semula ditempel pada badan kendaraan diganti dengan stiker barcode yang ditempel pada kaca depan kendaraan. Data seperti identitas kendaraan, foto fisik kendaraan dari empat sisi, hingga data hasil pengujian berkala disimpan dalam format digital. Data-data tersebut dapat diakses dengan memindai QR Code pada stiker hologram. Bisa juga dengan menempelkan smart card ke smartphone yang sudah memiliki fitur NFC.

Digitalisasi data hasil uji KIR ini diharapkan dapat meminimalisasi praktik pemalsuan identitas kendaraan maupun hasil uji berkala yang kerap dilakukan pada kendaraan angkut. Maka, kendaraan angkut yang Over Dimention Over Loading (ODOL) juga akan semakin terbatas ruang geraknya.

Sumber :

Kementerian Perhubungan RI
@kemenhub151

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat