Kick Off Meeting, PDNA Bulukumba Sosialisasikan CSC Penilaian Akuntabilitas Sosial Layanan KIBBL

0 0 90
Gambar untuk Kick Off Meeting, PDNA Bulukumba Sosialisasikan CSC Penilaian Akuntabilitas Sosial Layanan KIBBL
Bulukumba-Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Bulukumba sebagai Mitra Utama Program Madani yang didukung oleh USAID mengadakan Kick Off Meeting Sosialisasi Tools Akuntabilitas Sosial terhadap Layanan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBL) menggunakan Community Score Card (CSC) dan Menyusun Rekomendasi Perbaikan di Rumah Makan Grand 99 Jl. Bakti Adiguna Bulukumba. Kamis (02/12/2021)

Manager Program Madani-PDNA Bulukumba, Arifah Ulviah menjelaskan jika kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan implementasi program di tahun ke dua yang bertujuan untuk mensosialisasikan terkait tools yang digunakan pada pelaksanan penilaian akuntabilitas sosial terhadap layanan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBL) dengan menggunakan Community Score Card (CSC).

Lokus penilaian akuntabilitas sosial ini akan dilaksanakan di Puskesmas Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang.

"Puskesmas Bontonyeleng menjadi lokus karena beberapa pertimbangan pertama berdasarkan data Dinas Kesehatan Puskesmas Bontonyeleng menjadi salah satu Puskesmas yang menyumbang kasus kematian ibu di tiga tahun terakhir ini", jelasnya.

Sementara itu Field Coordinator Program USAID-MADANI, Musaddaq dalam sambutannya mengatakan bahwa pertemuan ini adalah pertemuan awal dari perencanaan penilaian akuntabilitas sosial dengan menggunakan tools Community Score Card (CSC).

"CSC ini sebagai alat pemantau dan evaluasi partisipatisif berbasis masyarakat yang memungkinkan warga menilai kualitas layanan publik seperti kesehatan, untuk memberikan informasi kepada anggota masyarakat mengenai layanan yang tersedia dan hak mereka dan untuk meminta pendapat mereka terkait aksesibilitas dan kualitas layanan", tambahnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat, Kasmarinda mengucapkan terima kasih kepada PDNA Bulukumba sebagai Mitra Utama Program USAID-MADANI, karena dengan implementasi program yang dilakukan telah membantu Dinas Kesehatan dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak serta bayi baru lahir.

"Pelaksanaan akuntabilitas sosial dengan menggunakan tools Coomunity Score Card (CSC) dan menyusun rencana perbaikan semoga dapat direplikasi dalam pelayanan kesehatan sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya terkait kesehatan ibu dan bayi baru lahir (KIBBL)", harapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Dinas Kesehatan, Bappeda Bulukumba, Kapus Bontonyeleng, Formap-KIA, Kopel, SCW, Kahayya Center, PPDI Bulukumba dan Media-Radar Selatan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar