Ketua PMI Bnyuwangi Pantau Program PMI Banyuwangi Bangun Pemodelan Rumah Aman Gempa di Mojopanggung

5 6 568
Gambar untuk Ketua PMI Bnyuwangi Pantau Program PMI Banyuwangi Bangun Pemodelan Rumah Aman Gempa di Mojopanggung
Kamis, 18 Maret 2021 pagi ini Yusuf Widyatmoko Ketua PMI Kabupaten Banyuwangi bertandang ke Mojopanggung tepatnya di Gang Tengah di Kediaman Mad Santoso Ketua RW 02 Lingkungan Mojoroto.

Kunjungan Ketua PMI adalah dalam rangka memantau perkembangan Program Retrofitting atau Perkuatan Bangunan Rumah aman Gempa, yang saat ini sedang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Banyuwangi sebagai Pilot Project Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia.

Di dampingi Wakil Ketua 1 DR. H.Nurhadi MM, disana tampak Kepala markas, Jajaran staf PMI Banyuwangi, Kepala Unit donor darah PMI, Lurah beserta staf dan Para relawan PMI Sibat Kelurahan Mojopanggung.

Dengan seksama dan penuh ketertarikan Pak Yusuf berkeliling mengamati bangunan dan melontarkan banyak pertanyaan seputar teknis Pengerjaan Retrofitting kepada Tri Putra Danang selaku Kordinator Sibat yang ditunjuk PMI Banyuwangi sebagai Ketua Pelaksana Program Retrofitting tersebut. Menurut Ketua PMI, Rumah yang dipilih adalah milik Tokoh masyarakat agar kedepannya bisa mensosialisasikan Retrofitting pada masyarakat sekitar sehingga mereka bisa mengikuti membangun atau merenovasi rumahnya dengan teknis retrofitting. Berdasarkan hasil komunikasi beliau dengan Danang, Pak Yusuf menjelaskan " Supaya rumah tahan gempa harus ditambahkan tiang beton di sudut sudutnya, dan harus dipasang sloof, Harapan PMI Rumah aman gempa ini menjadi percontohan, ini merupakan upaya PMI dan Palang Merah Amerika dalam mengurangi resiko dampak bencana yang ditimbulkan oleh bencana Gempa bumi." terangnya.

Kepada Pak Yusuf , Danang Memperkenalkan Kepala Tukang, Hadi Handono yang akrab disebut Darno, dia adalah Tukang lokal dari Lingkungan Mojoroto yang sudah diberikan Pelatihan Retrofitting di Markas PMI Banyuwangi bulan November lalu". Lalu Kata Danang "Harapannya, Darno sebagai Kepala Tukang nantinya akan terus menerapkan ilmunya saat mengerjakan bangunan Rumah di Lingkungan Mojoroto dan sekitarnya."imbuhnya.

Lurah Mojopanggung Tri Kusuma Jaya sangat mendukung dan mengapresiasi pada Program PMI, menurut beliau "PMI banyak memberikan dukungan untuk Kelurahan Mojopanggung terutama dengan adanya pembentukan Sibat, sehingga Kelurahan dan masyarakat Mojopanggung sangat terbantu saat ini terutama dalam penanganan Pandemi covid19." ungkapnya.

Mad Santoso pemilik rumah yang di retrofitting yang juga Tokoh masyarakat menyampaikan " beliau sangat berterimakasih pada PMI, karena menurutnya rumahnya yang setiap hari digunakan untuk belajar ngaji oleh anak anak sekitar di saat malam, nantinya akan menjadi lebih kuat saat terjadi gempa, namun semoga tidak pernah ada gempa, " terangnya.

#pmisiapbantu
#retrofitting
#palangmerahamerika
#sibatmojopanggung
#pmibanyuwangi

  6 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar