Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Siap Dukung Program Forum Serasi Madani

Gambar untuk Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Siap Dukung Program Forum Serasi Madani
Kajen - Guna mempererat komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan (stakeholder) di Kabupaten Pekalongan, Forum Serasi Madani Kabupaten Pekalongan melakukan audiensi kepada Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan pada Jumat 16 Juli 2021.

Forum yang mempunyai jargon "Semua Belajar Cerdas dan Aksi" tersebut bertemu langsung dengan Dra. Hj. Hindun, MH Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan di rumah dinasnya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pada acara tersebut dihadiri dari anggota Forum yakni Erlita Rismilliyana, M.Pd Ketua Forum Serasi Madani, H.M Syafrudin Huna, S.IP, M.Si Ketua Tim Integrasi Forum, Teguh Raharjo Pengurus Perkumpulan Disabilitas Fisik Indonesia (PPDFI) Pekalongan, serta Mufti Zamani M,H dan Miftah Rizzi, S.Sos.I selaku Staff Program Muslimat NU.

Forum Serasi Madani merupakan forum yang anggotanya terdiri dari elemen organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Pekalongan, Perguruan Tinggi dan insan media.

Menurut Erlita Rismilliyana Ketua Forum Serasi Madani menyampaikan terkait keberadaan Forum Serasi Madani yang sudah dua tahun ini melaksanakan program USAID MADANI dalam hal peningkatan kapasitas dan kemitraan dengan pemerintah daerah dalam pelayanan kesehatan.

"Di tahun kemarin kami sudah melaksanakan survei umpan balik di beberapa Puskesmas se-Kabupaten Pekalongan, dan tahun ini kami berencana lebih fokus lagi untuk mengadvokasi pelayanan kesehatan Disabilitas di Puskesmas, salah satunya dengan program Pemodelan Puskesmas Ramah Disabilitas," ungkap Erlita yang juga sebagai sekretaris Muslimat NU Kabupaten Pekalongan.

Erlita menambahkan bahwa di Forum Serasi Madani dibentuk atas dasar nilai perjuangan forum untuk kemanusiaan dan keadilan sosial.

"Kami melihat dan menganalisis dengan data yang kami kumpulkan bersama Tim Integrasi Forum bahwa pelayanan kesehatan masih menjadi prioritas perhatian bersama, terutama saudara-saudara kita yang disabilitas apalagi di masa pandemi. Dan ini juga yang menjadi dasar semangat anggota Forum yang hingga saat ini terus berjuang untuk meluangkan waktu dan pikirannya," terang Erlita.

Sementara itu, Dra. Hj. Hindun, MH Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap peran muslimat NU Kabupaten Pekalongan bersama Forum Serasi Madani yang turut membantu pemerintah dalam rangka peningkatan kapasitas warga juga kemitraan yg telah dibangun selama ini dengan pemda khususnya di bidang kesehatan.

"Dengan saling bersinergi bersama pemda di bidang kesehatan, kita harapkan angka indeks pembangunan manusia Kabupaten pekalongan semakin meningkat bisa mencapai 7,1 karena kita masih dibawah provinsi, apalagi bidang kesehatan adalah menjadi basic pembangunan masyarakat. Dinas kesehatan dengan puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan sudah harus bisa memberikan pelayanan yang baik, tentu saya dukung forum ini," kata Hindun

Kemudian berkaitan dengan Program Pilot Project Puskesmas ramah disabilitas juga akan pihaknya dukung dan kawal dan akan dikomunikasikan kepada Puskesmas yang akan ditunjuk.

"Apalagi visi misi Bupati sekarang adalah fokus bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur, jadi sangat sejalan dengan visi misi pemerintah daerah dalam pembangunan kesehatan, apalagi selama ini juga banyak yang belum diperhatikan pelayanan kesehatan khusus disabilitas seperti kepersertaan BPJS", imbuh Hindun.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Teguh Raharjo dari PPDFI yang turut hadir saat itu berbincang langsung dengan Ketua DPRD.

"Betul Bu Hj. Hindun, masih banyak daridisabilitas yang belum ikut BPJS Kesehatan," tukas Teguh dari PPDFI.

Kemudian H. Safrudin Huna Ketua Tim Integrasi Forum Serasi Madani menambahkan bahwa dibentuknya tim Integrasi ini adalah untuk mempermudah komunikasi, koordinasi dan advokasi kepada stakeholder terkait.

"Kami juga merencanakan dan mohon ijin kepada Bu Ketua Dewan dalam waktu dekat ini kami akan audiensi dengan Komisi D," pungkas Huna.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar