Kepedulian Tim KKN UNS akan Pendidikan Anak di Daerah Gilingan Dikala Pandemi

1 0 60
Gambar untuk Kepedulian Tim KKN UNS akan Pendidikan Anak di Daerah Gilingan Dikala Pandemi
SURAKARTA - COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) yang muncul di awal tahun 2020 membuat semua aktivitas kehidupan berjalan tidak seperti biasanya. Semua kegiatan menjadi terhambat. Pemerintah mengencarkan penegakan protokol kesehatan dengan melakukan 3M,yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Kemunculan COVID-19 ini telah mempengaruhi sektor perekenomian yang dampaknya mengiring Indonesia ke jurang resesi. Tak hanya ekonomi saja sektor pariwasata pun juga mengalami keterperukan karena dibatasinya jumlah pengunjung di objek wisata. Di sektor sosial sendiri banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya sebab di PHK oleh perusahaannya yang bangkrut karena dampak dari COVID-19 ini.

Selain sektor ekonomi,pariwisata dan sosial, ada pula sektor yang ikut terpuruk dengan adanya virus corona, yaitu sektor pendidikan. Sektor pendidikan menjadi perlu diperhatikan dikala pandemi, karena apabila biasanya siswa dapat berangkat ke sekolah serta belajar bersama teman dan guru, sekarang ini menjadi tidak bisa bertemu dan diharuskan untuk belajar di rumah melalui media dalam jaringan (daring).

Pembelajaran melalui daring yang banyak siswa lalui dikala pandemi tidak mulus dari berbagai hambatan. Hambatan yang paling sering dialami siswa dalam pembelajaran daring adalah tidak adanya pendampingan yang cukup dari orang tua karena pada umumnya orang tua mereka sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan suasana kurang kondusif dan kurang nyaman saat mengerjakan tugasnya dirumah.

Hambatan-hambatan yang dialami kebanyakan siswa dikala pembelajaran daring dialami pula oleh siswa-siswa yang tinggal di kampung Rejosari, Gilingan, Surakarta. Umumnya, mereka kesusahan dalam mengerjakan tugas gurunya dikarenakan kurang paham materi yang disampaikan oleh gurunya dan suasana rumah yang kurang nyaman untuk mengerjakan tugas.

Hal tersebut yang menjadi latar belakang pengabdian mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret Kelompok 126 untuk membantu meringankan beban siswa di Rejosari Gilingan untuk mendapatkan pemahaman materi yang mereka butuhkan selama melakukan pembelajaran daring yang di rasa kurang maksimal, dikarenakan sarana prasarana belajar yang kurang nyaman, dan kurangnya pendampingan orang tua pada saat pembelajaran daring.

Disini kami tim KKN UNS berinisiatif untuk untuk memperbaiki fasilitas belajar yang ada di Sekolah Pos Gilingan yang biasanya dijadikan tempat anak-anak disekitar Gilingan untuk belajar bersama guna menunjang kenyamanan anak- anak ketika belajar serta memberikan pendampingan belajar untuk anak- anak di Gilingan. Pendampingan belajar tersebut diikuti oleh siswa dari jenjang TK sampai dengan SMP.

Untuk pelaksanaan program pendampingan belajar diadakan setiap hari Kamis jam 7 malam yang bertempat di Sekolah Pos. Disini juga kami dari tim KKN UNS memberikan fasilitas yang menunjang kenyamanan belajar seperti meja, papan tulis dan serta alat penunjang lainnya.

Dipendampingan belajar ini anak- anak dibebaskan untuk bertanya apa saja yang mereka kurang paham dari tugas yang diberikan oleh guru mereka untuk dipelajari sendiri di rumah.

“ Kami berharap dengan adanya program KKN ini anak-anak menjadi lebih giat belajar untuk meraih cita- cita yang diimpikan serta mau merawat sarana dan prasarana yang telah kami berikan.” Ujar Daniel selaku ketua KKN UNS kelompok 126.

Kegiatan tersebut juga mendapat sambutan yang baik oleh masyarakat dan orangtua siswa kampung Rejosari Gilingan. Karena tak dapat dipungkiri bahwa pelaksanaan pengabdian ini cukup meringankan beban orangtua untuk memberi pemahaman yang cukup pada anak-anak mereka.

Pengabdian KKN selama masa pandemi disektor pendidikan ini menyadarkan kami satu hal, bahwa keterbatasan bukanlah penghalang untuk kita bergerak maju. Tidak berpasrah akan keadaan saat ini. Mengabdi bersama untuk masa depan anak bangsa yang lebih gemilang.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar