Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

5 10 299
Gambar untuk Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak
Bapak Maryanto selaku Lurah Brontokusuman suatu hari menitipkan Taman Brontokusuman kepada Koordinator Kampung Sains Karangkajen, Indra Suryanto, untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik dan melek literasi ke anak-anak, remaja dan orangtua di lingkungan Karangkajen. Apalagi, Kantor Kelurahan dan Taman Brontokusuman ini masuk di wilayah Kampung Karangkajen.

Kampung Karangkajen sendiri terdiri dari 7 RW atau 21 RT yang padat penduduk. Indra Suryanto pun mengadakan Gelaran Buku yang rutin setiap pekan hadir di Taman Brontokusuman, Alhamdulillah Rumah Zakat sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional peduli dan mendukung kegiatan rutin ini.

"Acaranya ya nggelar buku, bukan dijual ya, ini soalnya kemarin masuk musrembang tapi gagal akses dana untuk kegiatan, karena dipikir pemangku kepentingannya gelaran buku itu jualan buku. Semoga 2023, ada sokongan finansial dari pemerintah dan stake holder, karena kegiatan rutin ini sudah ditunggu-tunggu warga masyarakat", ulasnya.

"Programnya adalah literasi keluarga, karena memang tujuannya literasi tetap jalan namun bisa menjarangkan interaksi. Jangan disepelekan lho, tetap prokes."

"Program literasi keluarga adalah sebuah keluarga boleh meminjam sampai 50 judul dibawa pulang, dibaca sekeluarga, batas pinjam sebulan. Alhamdulillah, banyak yang mengakses, sehingga perputaran buku setiap bulan bisa sampai 650an judul. Ini progres yang bagus lho." tandas Indra.

Alhamdulillah tanggal 28 November 2021, bertepatan Hari Mendongeng Nasional, Gelaran Buku mendapat hibah ensiklopedi Nabiku dari para muwaqif, senilai hampir 2 juta. Serah terima dilakukan disela-sela kegiatan Membuat Minuman Jurus Sehat Rasulullah sekaligus membedah buku 200 resep Dr. Zaidul Akbar. Praktek dan hasilnya dibagikan ke peserta. Dapat ilmu, bisa praktek, langsung tahu rasanya. Mantap.

  10 Komentar

Tulis komentarmu...

Uut V
Tamu
Maturnuwun Mba Marita, besok minggu awal Desember kitavlibur dulu, rencana ada workshop ecoprint dengan Wahid Foundation. Tema Desember sepertinya bikin kalender deh hehehe
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar