Kelompok Nglarisi "Biharu" Menjadi Salah Satu Objek Penelitian Mahasiswa UN Malang

1 0 329
Gambar untuk Kelompok Nglarisi "Biharu" Menjadi Salah Satu Objek Penelitian Mahasiswa UN Malang
Menulis skripsi selain wajib dilakukan oleh mahasiswa, juga sebagai syarat kelulusan, disamping untuk memberi pengetahuan dan ketrampilannya dalam menganalisis, menggambarkan dan menjelaskan ilmu yang sedang di tulisnya. Hasilnya pun harus bisa dipertanggungjawabkan keabsahan dan keakuratannya.

Muhammad Adrian, melakukan penelitian untuk menyelesaikan studi sarjana di Universitas Negeri Malang (UNM). Kegiatan yang dilakukan dimulai dari pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan obyektif.

Penelitiannya dengan judul "Pengaruh inovasi daerah terhadap kemiskinan, studi kasus inovasi gandeng gendong Kota Yogyakarta". Sebanyak 30  kelompok Nglarisi Gandeng Gendong di wilayah Kota Yogyakarta menjadi sasaran penelitiannya. Salah satunya "Biharu", yang beralamat di Mergangsan Kidul, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Menurut Adrian, alasan pilihan obyek penelitian Nglarisi Gandeng Gendong antara lain programnya yang menarik, bertujuan mengurangi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan. Selama dua Minggu sejak Senin (15/11/2021), Adrian berkunjung disetiap kelompok Nglarisi Gandeng Gendong.

Menurutnya, memilih kelompok Nglarisi "Biharu", antara lain mewakili kelurahan Wirogunan, omset yang fluktuatif dan keterlibatan angota pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS). Sejak 15 Agustus 2019 beranggotakan 13 anggota dengan pemegang KMS sebanyak 5 orang.

Dalam wawancaranya, Ketua Nglarisi "Biharu" Mardiana Wati menyatakan sebenarnya Biharu tergolong terlambat dalam pembentukannya. Selain itu, beberapa bulan setelahnya terjadi pandemi Covid-19. Namun, demikian, ikhtiar terus dilakukan untuk meningkatkan pendapatan anggota.

Lebih lanjut, Mardiana menyampaikan, setelah terbentuk Kelompok Nglarisi "Biharu", ada peningkatan pendapatan dari setiap anggota, sejalan pesanan yang semakin meningkat. Pesanan tidak hanya dari pemerintah Kota Yogyakarta, namun juga dari pihak-pihak lain, baik secara langsung dari pertemanan, melalui WhatsApp maupun media sosial.

"Kami terus menawarkan kepada banyak pihak atau dapat dipesan melalui telepon atau Whatsapp  0877-3953-3058. Snack maupun Nasi Box siap kami antar ke tujuan", kata Ana di sekretariat Biharu, Selasa (16/11/2021)

Diakhir wawancara, Mardiana Wati menegaskan, banyak manfaat dirasakan anggota, tidak hanya pendapatan yang meningkat, namun juga peluang pelatihan, kurasi produk dan lain sebagainya. (KangRozaq)

#NglarisiGandengGendong
#GandengGendong
#Biharu

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar