KajianTafsir Al-quran "Tentang Hari Pahlawan" oleh Ustad.H.Munawir

3 5 502
Gambar untuk KajianTafsir Al-quran "Tentang Hari Pahlawan" oleh Ustad.H.Munawir
Jumat (9/11/2021) kajian sore ini seperti biasa diadakan di Masjid Al'itba desa Cigedog bersama PCM Kersana.Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang hari Pahlawan,dimana hari pahlawan di Indonesia diperingati setiap tanggal 10 November untuk mengenang jasa para pahlawan kita yang sudah mampu memperjuangkan kemerdekaan Rebuplik Indonesia.Di tangan -tangan para pejuang ini lah bangsa kita bisa merdeka terbebas dari para penjajah dan kita semua bisa merasakan kemerdekaan ini.

Para Pahlawan sudah gugur dimedan perang karena berjuang untuk bangsanya,Jasadnya sudah tidak ada lagi di bumi pertiwi ini akan tetapi namanya masih melekat dihati para generasi penerusnya.Nama Para Pahlawan bangsa ini begitu harum dan selalu di ingat sepanjang masa seperti yang tercantum dalam surat Albaqaroh ayat 154 yang artinya :
"Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh dijalan Allah ( mereka) telah mati.Sebenarnya (mereka) hidup tetapi kamu tidak menyadarinya.

Bahwa jelas sekali bahwa para pahlawan ini masih hidup tetapi di tempat yang berbeda dengan alam kita dan hidup bahagia disisi Allah SWT dan bisa tergolong dengan mati syahid.
Apa itu mati Syahid???....Mati Syahid disini diartikan sebagai istilah yang menggambarkan keadaan seseorang yang mati dalam menegakkan agama Allah.Dan memiliki keistimewaan dihadapan Allah SWT.

Apa Seorang Pahlawan yang gugur dimedan perang tergolong orang yang mati syahid?? Imam Nahwawi berkata : tidak boleh orang yang berperang itu untuk mati syahid,akan tetapi tujuaannya satu hanya untuk menang. Keterangan ini ditujukan hanya untuk para pahlawan. tetapi dikembalikan lagi ke niat.

Nah bagaimana menurut islam itu sendiri tentang mati syahid, bisa diartikan orang yang meninggal tergolong mati syahid diantaranya yang berjuang menegakkan kebenaran agama Allah SWT.Dalam hal ini kita sesuaikan dengan perkembangan jaman yang ada untuk saat kita tidak untuk berperang melawan musuh akan tetapi kita berjihad bersungguh -sungguh dijalan Allah SWT yaitu melalui :

1.Bisa melalui pena / tulisan
Maksudnya Misalkan orang - orang kafir menulis berita hoax/berita bohong mengenai islam,kita sebagai seorang muslim wajib membalasnya dengan cara membenarkan tulisan tersebut.
2.Berjihad itu bisa dalam bentuk pikiran,pendidikan,ideologi,ekonomi,sosial,politik,Selama dalam rangka membela agama islam bukan untuk kepentingan yang lain.
3.Jihad Fii Sabililah
Jihad ini disesuaikan dengan keadaan yang sekarang misalnya membangun masjid,membangun TPQ,membangun rumah sakit,dari jihad ini diawali dengan harta kamu yang dikeluarkan untuk kemashlatan umat.Namun apabila tidak bisa berjihad dengan harta benda yang dimilikinya bisa dengan cara yang lain yaitu melalui tenaga kita,pemikiran kita.

Demikian Kajian Hari Ini,Semoga Bermanfaat
"Intinya Yaitu Berjihadlah Sesuai Dengan Kemampuan Kita"

-Dan barang siapa berperang dijalan Allah,lalu gugur atau memperoleh kemenangan maka akan kami berikan pahala yang besar kepadanya-

#ngajiyukk
#kajiantafsiralquran
#pcmkersana
#muhasabahdiri
#haripahlawan2021
#hijrakutulisanku-prinom

  5 Komentar

Tulis komentarmu...

Anin
Tamu
Setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk bisa bermanfaat buat orang banyak. Semoga istiqomah yah....
Yuniasih
Tamu
Merdeka !!!
Jadilah manusia yang bermanfaat buat orang lain, masyarakat pada umumnya dan buat Indonesia tercinta, semangat terus untuk beramar ma'ruf nahi mungkar
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar