Jangan Sampai Pandemi COVID-19 Menyebabkan Pandemi Lainnya

Gambar untuk Jangan Sampai Pandemi COVID-19 Menyebabkan Pandemi Lainnya
Berbagai virus dan sebagian bakteri berpotensi menyebabkan wabah. Kita pernah melalui wabah difteri yang menyeramkan, dengan beberapa kematian, dan banyaknya perawatan di Rumah Sakit.

Ketakutan ketika menghadapi pembengkakan amandel dengan membran berwarna putih, dan perawatan di ruang isolasi, jauh sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Vaksinnya sudah tersedia, efektivitasnya baik, dan terbukti mampu mencegah sakit difteri. Tetapi ketika cakupan imunisasi menurun, banyak anak terlewat mendapatkan vaksinasi difteri, maka wabah dapat kembali terjadi. Jangan sampai!

Kita juga pernah melihat kasus campak yang mewabah. Anak-anak terbaring di ruang isolasi, dengan mata merah, batuk-batuk, sesak, dan diare. Oksigen terpasang, pneumonia terjadi, dan dehidrasi berat berisiko menyebabkan kematian. Saat ini, kasus campak sudah sangat jarang ditemui (BEDAKAN dengan roseola ya, sudah berkali-kali dibahas). Beruntunglah cakupan imunisasi MR (campak-rubella) masih tinggi.

Jangan sampai wabah terjadi akibat cakupan imunisasi turun. Pandemi COVID-19 sangat berpotensi menurunkan kunjungan imunisasi.

Maka saya kembali mengingatkan untuk memastikan kelengkapan imunisasi anak-anak kita, yang sudah terbukti sangat efektif mencegah sakit dan kecacatan/kematian akibatnya.

Sumber :
dr. Arifianto, Sp. A(K)
@arifianto.riyanto

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Toleransi Itu Indah


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 3
    Komentar
  4. 1
    Komentar