Idul Adha di Tengah Corona

Gambar untuk Idul Adha di Tengah Corona
Bagi umat islam, bulan Juli tahun 2021 merupakan bulan yang istimewa, karena bulan Juli ini bertepatan dengan bulan Dzulhijah. Dan tepat tanggal 20 Juli (10 Dzulhijah 1442 H) kemarin seluruh umat muslim baru saja merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari raya Qurban.

Selain Hari Raya Kurban, Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji. Megapa? Karena sejak 9 Dzulhijah, umat Islam yang menunaikan ibadah Haji sedang melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Wukuf adalah ritual haji yang mengajarkan umat Islam untuk meninggalkan aktivitasnya sejenak agar dapat merenungkan diri, seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim setelah menerima perintah dari Allah SWT untuk mengorbankan anaknya, Nabi Ismail

Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban bagi yang mampu menunaikannya. Adapun hewan yang disembelih untuk ibadah kurban yaitu sapi, kambing, domba, kerbau atau sapi.

Masih sama seperti lebaran tahun lalu, lebaran tahun ini pun masih dalam situasi Covid. Sehingga pemerintah melalui menteri Agama mengeluarkan Surat Edaran nomor 15 tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Sholat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban tahun 1442 H/2021 M. Dalam bagian ketentuan,dalam Poin Nomor Dua dinyatakan bahwa Shalat Hari Raya Idul Adha 1O Dzulhijah 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid/mushalla pada daerah Zota Merah dan Orange ditiadakan; dan pada Poin nomor Tiga menyatakan bahwa Shalat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1442 H dapat diadakan di lapangan terbuka atau di masjid/mushalla hanya didaerah yang dinyatakan aman dari Covid-19 atau di luar Zona Merah dan Orange, berdasarkan penetapan Pemerintah Daerah dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat.

Jika membaca ketentuan yang diatur oleh pemerintah, maka dapat disimpulkan bahwa desa Sidodadi Ramunia, kec. Beringin Kab. Deli Serdang, berada di zona aman atau diluar zona merah dan orange, karena masyarakat di izinkan melaksanakan sholat Idul Adha baik di Mushalla maupun mesjid di dusun masing-masing.
Seperti yang dilakukan oleh Warga Dusun Perwira, sejak pukul 06.45 wib sudah terlihat aktivitas warga pergi ke mushalla Al-Iklas untuk melakukan sholat Idul Adha berjamaah, tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan. salah satunya adalah setiap jamaah wajib menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri.

Setelah selasai melakukan sholat berjamaah, kegiatan selanjutnya adalah penyembelihan hewan Qurban. Untuk tahun ini Dusun Perwira menyembelih hewan qurban sebanyak 8 ekor, terdiri dari 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Warga bersama-sama bergotong royong menyembelih hewan qurban dihalaman salah satu rumah warga. Setelah selesai pemotongan hewan qurban, warga bersama-sama membersihkan dagingnya dan tepat pukul 13.25 wib, panitia kurban membagikan daging tersebut ke rumah-rumah warga. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan warga sehingga meminimalisir penyebaran virus Corona.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Lowongan CPNS Kemkominfo RI 2021


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 3
    Komentar

    Sehat dengan SAMILAKOR

  4. 2
    Komentar