Identifikasi Mandiri Kapasitas dan Kondisi Organisasinya

1 0 51
Gambar untuk Identifikasi Mandiri Kapasitas dan Kondisi Organisasinya
Kamis, 14 Januari 2021 adalah kelas terakhir dari Sharing Pembelajaran dan Workshop. Kelas dimulai dengan meminta peserta mengisi matriks ceklis dokumen organisasi anggota Simpul Belajar Lamaranginang dan rencana pemenuhan.

Pengisian matriks belangsung selama tiga puluh menit. Hasil ceklis itu sendiri, akan digandakan oleh Wallacea selaku pelaksana, dan dibagikan kembali kepada CSO yang hadir sebagai pengingat, sekaligus melengkapi apa yang perlu dibenahi.

Pada hari itu, kelas dibagi menjadi dua. Kelas pertama akan diikuti oleh keterwakilan Mitra Swadaya Mandiri sebanyak tiga orang yang akan pandu dan dikawal langsung oleh Hamsaluddin, Basri Andang, dan Muhammad Sahaka. Kelas pertama ini berlangsung di Kantor Perkumpulan Wallacea sebagai bagian dari mentoring terhadap penyusunan rencana kerja Mitra Swadaya Mandiri sebagai mitra lokal.

Peserta lainnya tetap berada di Hotel Agro Wisata yang dipandu Marsus Zakaria yang juga Manager Keuangan Perkumpulan Wallacea dan Nurlaela (Staf Keuangan Wallacea) . Kelas kedua ini akan bediskusi seputar penyusunan keuangan lembaga, dan pembekalan teknis mengunakan aplikasi saNGO. Sekedar diketahui, aplikasi saNGO adalah software pencatatan keuangan bagi lembaga nirlaba dan telah disesuaikan dengan PSAK 45. Staf keuangan dari Mitra Swadaya Mandiri mengikuti sesi ini.

Nurlaela memulai dengan pengenalan singkat terkait saNGO, penginstalan, penjelasan fitur-fitur yang ada di dalamnya dan panduan pengoperasian secara profesional.

Kedua kelas berakhir sampai makan siang, dan akan dilanjutkan kembali pada pukul 14:00 Wita. Kegiatan pleno siangya kembali diambil alih fasilitator Sainal Abidin untuk menyampaikan hasil identifikasi mandiri masing-masing CSO terkait domain Basic Training dan Kapasitas Minimal CSO, dan dilanjutkan penyusunan rencana apa yang akan dilakukan selanjutnya oleh anggota Simpul Belajar Lamaranginang terkait pemenuhan dari proses pembelajaran yang berlangsung selama dua hari.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

    Sasa Rahayu Safitri  di  Andong, Boyolali  |  21 Feb 2021
  2. Warga RT 001, RT 002 Dan 008, RW 01 Kelurahan Kebon Pala Mengevakuasi Kendaraan

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Makasar, Jakarta Timur  |  20 Feb 2021
  3. Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Pohon Tumbang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Kota  |  21 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Mar 2021
  4. 3
    Komentar