GELARAN BUKU #2

3 3 488
Gambar untuk GELARAN BUKU #2
Akhir tahun lalu tepatnya 16-19 Desember 2019, kami menggelar Pameran Literasi halaman Dinas Pendidikan Kota Jogja yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk Jogja sebagai bentuk keprihatinan, melorotnya penilaian PISA atas minat baca.

Pengukuran PISA bertujuan untuk mengevaluasi sistem pendidikan dengan mengukur kinerja siswa di pendidikan menengah, terutama pada tiga bidang utama, yaitu matematika, sains, dan literasi.

Hasil skor PISA (Programme for International Student Assessment) untuk Indonesia tahun 2018 telah diumumkan The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan diserahkan kepada Menteri Nadiem Makarim, tanggal 3 Desember 2019.

Nilai yang diraih Indonesia 371 menduduki peringkat 72 dari 78 negara dengan nilai rata-rata negara untuk kemampuan siswa dalam bidang sains, matematika dan literasi adalah 487.

Dengan mengangkat semangat Gandeng Gendong Literasi, kami mencoba mendekatkan buku kepada masyarakat dengan agenda "Gelaran Buku" setiap Minggu pagi di Ruang Terbuka Hijau Kelurahan Brontokusuman atau yang kini kerap disebut Taman Brontokusuman.

Acara ini sudah terselenggara 2 kali dan dihelat oleh penggiat literasi Kelurahan Brontokusuman diantaranya TBM Kubaca (RW 06), TBM Lare Sae (RW 07), TBM Rumah Asa (RW 11) dan TBM Adijaya yang ada di Jl. Tamsis masih di Kecamatan yang sama, Mergangsan.

Dimulai pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Buku digelar, membaca bersama, dan diselingi kegiatan yang bersumber dari buku, praktik read Aloud, dan mini workshop. Masyarakat pun bisa meminjam buku untuk dibawa pulang.

Pada kegiatan pertama yang terselenggara 5 Januari 2020 lalu, belajar literasi numerik, dengan membuat ramuan minuman musim hujan yaitu wedang secang. Kegiatan ini menimbang bahan-bahan satu per satu menggunakan timbangan digital.

Gelaran Buku kedua yang dilaksanakan 12 Januari 2020, membaca dan memberi pemahaman literasi saat belanja produk dan membuat puding gula Jawa, puding karamel dan puding susu. Kita belajar belanja dengan baik, sambil memperhatikan tentang logo halal, kadaluarsa, cara pakai, cara membuat, takarannya, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Ternyata warga antusias. Bila dikegiatan pertama yang hadir 24 orang, kegiatan kedua dihadiri 36 orang.

Semoga Gelaran Buku menjadi jalan mendekatkan masyarakat pada buku, memiliki ketertarikan kepada membaca dan bermanfaat untuk kebaikan Indonesia di masa depan.

Ingin donasi untuk Gelaran Buku bisa wa ke wa.me/6282231509997

  3 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar