GELAR BAKSOS OPERASI KATARAK GRATIS PMI BANYUWANGI PEDULI KESEHATAN MATA MASYARAKAT

0 0 538
Gambar untuk GELAR BAKSOS OPERASI KATARAK GRATIS PMI BANYUWANGI PEDULI KESEHATAN MATA MASYARAKAT
Dalam rangka melaksanakan kegiatan "Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan mata dan operasi katarak gratis th 2021, PMI kabupaten Banyuwangi bekerjasama dengan John Fawcett Fondation Indonesia, Dinas Kesehatan dan Pemkab Banyuwangi, menggelar Pelayanan Kesehatan mata baik pemeriksaan, operasi katarak sampai penggantian bola mata palsu. Kegiatan bertempat di PMI Kab. Banyuwangi. yang dilaksanakan mulai tanggal 29 November sampai dengan 4 Desember 2021. Kegiatan dirangkai dengan memperingati hari Kesehatan Nasional ke 57th.

Persiapan pelaksanaan Baksos, diawali dengan Koordinasi panitia yang dilaksanakan pada hari Kamis 25 November 2021 di markas PMI Banyuwangi. Kepala Pelayanan Dinas Kesehatan dr. Edy Hermanto yg jg sbg Pengurus PMI Kab. Banyuwangi menyampaikan bahwa " sebanyak 1960 pasien oprasi katarak sejak tahun 2014 sampai dg September 2019 telah merasakan manfaat dari Bakti Sosial yang telah sukses digelar di tahun tahun sebelumnya. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri kegiatan Baksos ini bisa sangat membantu masyarakat." ungkap beliau.

"Semua relawan dan nakes yang bertugas sudah melaksanakan swab antigen, pada hari Sabtu 26 November 2021," jelas dr Rezekiyanti Kepala PMI Unit Donor Darah selaku Koordinator Baksos.

Berdasarkan laporan, Pada Saat evaluasi disampaikan oleh dr Rezekiyanti bahwa "Dari Kuota 203 Peserta Sebanyak 146 pasien yang hadir di PMI pada hari pertama. Seusai dilakukan Screening, di Baksos hari pertama, ada sebanyak 52 pasien akan dilakukan operasi dengan jadwal yaitu tanggal 30 Nov 2021 sebanyak 40 pasien, dan tanggal 1 Des 2021 baru sebanyak 12 org. Sisanya tidak bisa dioperasi karena katarak belum matang, katarak dengan penyakit penyerta yg menjadi kontraindikasi operasi, bukan katarak (kelainan refraksi, glaukoma, pterygium dll). Sedangkan ada 6 pasien penggantian bola mata palsu yang bisa terpasang . Kegiatan akan dilanjutkan esok hari, yaitu screening pasien hari ke 2 dan tindakan operasi katarak pada sebanyak 40 pasien." terang beliau.

Ditemui di pintu keluar Ali seorang pasien penderita katarak yang gagal operasi karena gula darahnya yang tinggi menyampaikan, " Pemeriksaanya akurat, Dokternya menjelaskan sangat baik sehingga saya bisa memahami." jelas beliau.

#pmibanyuwangi
#johnfawcettfondation
#pmisiapbantu
#baksoskatarak2021

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar