FKDM Kota Yogyakarta, Lakukan Koordinasi untuk Temu Cepat dan Lapor Cepat Potensi ATHG

1 0 237
Gambar untuk FKDM Kota Yogyakarta, Lakukan Koordinasi untuk Temu Cepat dan Lapor Cepat Potensi ATHG
Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Yogyakarta mengadakan rapat koordinasi (Rakor), Kamis (17/12/2020) di Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Yogyakarta. Rakor dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan langkah potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) didaerahnya masing-masing.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kesbang, Zenni Lingga, Ketua FKDM Tingkat Kota Yogyakarta, Bambang Joni Ismoyo dan pengurus FKDM, Kasie Trantib Kecamatan se-Kota Yogyakarta, Ketua FKDM Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Yogyakarta.

Zenni Lingga dalam sambutannya menegaskan, keberadaan FKDM adalah strategis dalam mencermati potensi ATHG. Selain sebagai amanat membentuk FKDM sesuai Permendagri No. 2 tahun 2018 dan Permendagri 46 tahun 2019.

"Walaupun wilayahnya sempit, Kota Yogyakarta perlu deteksi dini atas ATHG, karena berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat Kota Yogyakarta", ujarnya

Ia menegaskan, FKDM memberikan laporan setiap gejala yang dapat menimbulkan ATHG. FKDM berperan aktif dalam menjaring, mengumpulkan data dan informasi yang berasal dari masyarakat di mana FKDM ada. Selain itu, diperlukan kecepatan dalam penyampaian laporan.

"Keberadaan FKDM perlu dikenal dan diinformasikan kepada masyarakat, untuk keberlangsungan FKDM", lanjutnya

Lebih lanjut, ia berpesan kepada  Camat dan Lurah melalui Trantib Kecamatan dan Kelurahan untuk melibatkan FKDM dalam kegiatan Musrenbang sesuai tingkatannya.

Sementara Bambang Joni Ismoyo menegaskan FKDM sebagai wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) di setiap wilayah berbeda.

Ia meminta, pengurus FKDM untuk meningkatkan perannya dalam mengantisipasi potensi gangguan ketentraman, ketertiban dan keamananan ditengah masyarakat dengan melakukan proses temu cepat, lapor cepat dan tepat serta meyakinkan terhadap potensi ATHG didaerahnya masing-masing.

FKDM berfungsi menjaring, menampung, mengkoordinaiskan danmmebgkomunikasi data dan informasi
Kemudian mengkomunikasikan dengan kecamatan maupun kelurahan sesuai dengan tingkatannya.
KangRozaq)

#KecamatanMergangsan
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar