EVALI, E-Cigarette Or Vaping Product Use Associated Lung Injury

4 0 252
Gambar untuk EVALI, E-Cigarette Or Vaping Product Use Associated Lung Injury
๐—˜๐—ฉ๐—”๐—Ÿ๐—œ
๐—˜-๐—–๐—œ๐—š๐—”๐—ฅ๐—˜๐—ง๐—ง๐—˜ ๐—ข๐—ฅ ๐—ฉ๐—”๐—ฃ๐—œ๐—ก๐—š ๐—ฃ๐—ฅ๐—ข๐——๐—จ๐—–๐—ง ๐—จ๐—ฆ๐—˜
๐—”๐—ฆ๐—ฆ๐—ข๐—–๐—œ๐—”๐—ง๐—˜๐—— ๐—Ÿ๐—จ๐—ก๐—š ๐—œ๐—ก๐—๐—จ๐—ฅ๐—ฌ

โŒ ๐‘บ๐’†๐’Œ๐’‚๐’“๐’‚๐’๐’ˆ ๐‘บ๐’‚๐’š๐’‚ ๐‘ท๐’‚๐’Œ๐’‚๐’Š ๐‘ฝ๐’‚๐’‘๐’† โŒ

Ketika melakukan edukasi kepada pasien saya biasanya akan menanyakan tentang riwayat merokoknya.

Kadang ada pasien dengan merasa sudah mencapai keberhasilan menyatakan, "Alhamdulillah saya tidak merokok lagi Dok".

Dan biasanya saya akan merespon, "Oh iya Pak syukurlah. Gimana caranya Bapak bisa berhenti merokoknya?"

Dengan bangga dan gembira pasien menyatakan, "Sekarang saya pakai Vape"

Gubrak saya langsung lemas, tidak bisa berkata apa-apa, cuma membatin dalam hati, "Goblok mah itu namanya, artinya sama saja Bapak keluar dari mulut buaya masuk ke mulut Harimau Pak".

Promosi vape memang sangat gencar dilakukan oleh perusahaan rokok agar produknya tetap laku di masyarakat yang diiklankan sebagai pengganti rokok atau sebagai alternatif rokok pengganti yang lebih aman. Promosi ini menyebabkan orang-orang yang sudah mulai menyadari bahaya rokok dan ingin berhenti menjadi galau dan akhirnya terjebak.

Padahal sebenarnya ini adalah cara lain dari perusahaan rokok agar dagangannya tetap laku. Karena yang sebenarnya dijual oleh pabrik rokok bukan rokoknya tapi adalah nikotinnya.

Nikotin akan menyebabkan perokok menjadi kecanduan sehingga tidak bisa melepaskan dirinya dari rokok tersebut, akhirnya akan terus mengkonsumsi rokok.

Karena saat ini sudah banyak perokok yang menyadari akan bahaya rokok, perusahaan rokok mencari cara lain agar nikotinnya tetap laku. Mereka membuat rokok dalam bentuk lain yaitu vape yang tetap berbahaya bagi kesehatan seperti rokok biasa dan yang dijual sebenarnya adalah tetap sama yaitu nikotin yang menyebabkan orang kecanduan dan akan terus membeli produk mereka.

Dan mereka juga menyadari bahwa perokok atau pemakai vape ini pasti akan segera sakit dan meninggal karena itu mereka akan mempersiapkan perokok pengganti dengan cara mempengaruhi para remaja untuk mulai merokok sedini mungkin untuk bisa menjadi cadangan perokok mereka ketika perokok-perokok saat ini tidak lagi menjadi pelanggan mereka karena sudah sakit atau meninggal.

Anak-anak dan remaja sangat mudah dipengaruhi untuk bisa memakai vape apalagi karena diberi rasa buah-buahan, sehingga tidak ada penolakan seperti pada pertama kali, seperti pada rokok biasa.

Kami bahkan menemukan anak-anak SD dengan senang hati dan sukacita menyatakan bahwa mereka sudah pernah mencoba vape dengan berbagai aroma. Bukan hanya pada anak laki-laki tapi juga pada anak perempuan.

Dengan makin banyaknya muncul berbagai penyakit akibat vape, pada Agustus 2019, Center for Disease Control and prevention ( CDC) telah mengidentifikasi penyakit baru yang berkenaan dengan infeksi paru-paru yang disebabkan konsumsi Vape, penyakit ini dinamakan dengan Evali atau E-Cigarette or Vaping Product Use Associated Lung Injury.

Evali adalah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh konsumsi rokok elektrik atau vape.

Penyakit ini bisa dikenali dari sejumlah gejala yang dialami oleh orang yang mengkonsumsi rokok elektrik setidaknya selama 90 hari.

Gejalanya dapat menyerupai gangguan pernafasan lainnya seperti pneumonia dan infeksi virus antara lain nafas pendek-pendek batuk batuk, sakit dada demam dan flu, diare, mual dan muntah, jantung berdebar-debar, nafas dangkal dan cepat.

Penggunaan vape juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 30% dibandingkan yang tidak menggunakan vape.

Sumber :
https://www.instagram.com/p/CHRva5_F4NO

Repost :
UBM Cemara Matraman
@UBMCemara

#drdesysafitri
#smokefreehome
#healthcarecommunicator
#hidupsehattanpaasaprokok
#generasimilenialsehattanpaasaprokok
#puskesmasmatramanpedulikesehatan

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar