Edukasi Stunting untuk Posyandu Sri Mulat oleh KKN Universitas Atma Jaya Yogyakarta

4 0 244
Kamis, 2 Januari 2020 KKN Atmajaya unit 12 Dusun Gowok, Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo mengadakan penyuluhan bagi ibu balita di Posyandu Sri Mulat. Penyuluhan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ibu balita tentang permasalahan stunting yang disampaikan oleh narasumber. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan penimbangan yang secara rutin dilakukan pada tanggal 1 di setiap bulannya.

Stunting merupakan isu nasional yang saat ini sedang ditangani secara serius oleh semua pihak yang terkait dengan anak khususnya Balita. Stunting disebabkan kekurangan gizi dalam waktu yang cukup lama. Kekurangan gizi ini bisa disebabkan oleh rendahnya asupan gizi pada balita dan faktor kesehatan/penyakit.

Kebanyakan kekurangan gizi lebih disebabkan oleh pola konsumsi yang salah. Pola konsumsi yang salah, merupakan dampak dari pola asuh yang salah. Untuk itu, orang tua harus memahami kebutuhan gizi bagi setiap anak, dan menerapkan pola makan dan pola asuhnya agar terhindar dari stunting.

Selain gizi, faktor kesehatan anak juga sangat menentukan tumbuh kembangnya. Faktor kesehatan sangat dipengaruhi oleh akses terhadap air bersih dan sanitasi/kesehatan lingkungan. Oleh karenanya setiap keluarga balita harus memiliki akes terhadap air bersih dan memiliki sanitasi yang baik, salah satunya jamban sehat.

Setiap anak yang terindikasi stunting juga harus memiliki jaminan sosial (akte dan jamkesmas) serta mendapatkan layanan konseling terpadu dan parenting PAUD.

Pada hari yang sama juga diberikan penyuluhan tentang Pendewasaan Usia Perkawinan dengan narasumber dari LBH Yogyakarta. (*)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 7
    Komentar
  3. 5
    Komentar
  4. 3
    Komentar

    Pengajian anak anak