ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021

4 8 393
Gambar untuk ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021
Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (#Bappeda) mengundang segenap warga, pelajar, dosen dan mahasiswa di DIY untuk menunjukkan karya cipta inovasi dan penelitan dalam ajang Anugerah Inovasi dan Penelitian 2021 #aip2021

Tema penyelenggaraan Anugerah Inovasi dan Penelitan 2021 adalah “Percepatan Pemulihan Sosial Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Pendaftaran dan pengumpulan makalah inovasi/penelitian dilaksanakanan mulai tanggal 26 April 2021 dan ditutup pada tanggal 15 Agustus 2021 melalui menu AIP 2021 di aplikasi Jogja Smart Service (JSS) atau via situs web inovasi.jogjakota.go.id.

Tim ECO.J yang merupakan bagian dari Kampung Sains Karangkajen terdiri dari : Rubi Utami Varalin dan Indra Suryanto mengikuti event ini karena menurut mereka penelitian ini low budget, low energy, mengangkat tema sustainable fashion dan keberlimpahan vegetasi teh dari jenis Camellia sinensis.

Awalnya merinding dan merasa tidak percaya diri karena banyak tim yang difasilitasi sekolah, kampus dan bahkan dari kementerian. Alhamdulillah, setelah presentasi dengan Dewan Juri, 10 September 2021 dinyatakan lolos sebagai finalis Bidang Penelitian Masyarakat setelah menyisihkan ratusan penelitian lain bersama tim:
1️⃣ Ganbatte
2️⃣ Bangoo
3️⃣ Sekolah Air Hujan
4️⃣ Tim AA
5️⃣ AIP Litku
6️⃣ Germacis

Bertujuh kembali bersaing difinal dengan presentasi dihadapan dewan juri dan tamu undangan Bappeda Kota Jogja. Final penentuan kejuaran dilaksanakan pada Kamis, 23 September 2021.

Sebagai dewan juri adalah :
1️⃣ Prof. Dr. Nurfina Aznam, S.U., Apt. (Guru Besar Prodi Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta)
2️⃣ Bagus PAnuntun, SE., MBA., CWM., CFP. (Dosen Prodi Manajemen, Fakultas Bisnis & Ekonomika, Universitas Islam Indonesia)
3️⃣ Saga Iqranegara, ST (Ketua Umum Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF))
4️⃣ Ahmad Noor Arief ( Komisaris PT. Aseli Dagadu Djokdja)
5️⃣ Eka Indarto, ST (PT. JMN)
6️⃣ Antonius Sasongko Wahyu Kusuma (Taman Kampoeng Cyber Kota Jogja)

Terimakasih juga kepada Bappeda yang telah mengundang Bapak Ibu Kepala dalam waktu penjurian grand final, diantaranya :
1️⃣ Kepala Bidang Usahan Kecil Mikro melalui Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta
2️⃣ Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta
3️⃣ Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogykarta
4️⃣ Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
5️⃣ Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta
6️⃣ Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta
7️⃣ Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta
8️⃣ Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta

Penilaian dewan juri dengan komposisi penilaian 75% naskah dan 25% adalah presentasi dan poster.

Alhamdulillah, pengumuman kejuaraan bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2021, ECO.J dari Kampung Sains Karangkajen dinyatakan JUARA 1 Kategori PENELITIAN MASYARAKAT dengan mengangkat judul “Pewarnaan Kain Menggunakan Teknik Ecoprint dengan Ekstrak Zat Pewarna Alami dari Aneka Brand The Hitam Lokal (Camellia sinensis)” di mana penelitian selama 6 bulan ini dilakukan bersama dan di lokasi Workshop ECO.J, Ecoprint Jogja, Kampung Karangkajen, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan.

Rencana penghargaan akan diselenggarakan secara luring pada peringatan Hari Sains Dunia yang bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2021.

Terimakasih kami sampaikan kepada 465 Bapak Ibu, Mas Mbak dan Adik-adik yang sudah berkenan dan mengundang kami melewati workshop ecoprint yang bertemakan #ecobrewedtea dengan menggunakan teh-teh lokal dan teh petikan dari Desa Nglinggo, Samigaluh, Kulonprogo dan teh Semugih, Moga, Pemalang.

Terimakasih atas doa dan semangat yang diberikan, semoga membawa kebermanfaatan luas dan kebaikan dunia akhirat, wabil khusus terimakasih kepada Rumah Zakat yang sudah memberi ruang dan apresiasi untuk terus bertumbuh dan berkembang. Semoga penuh barokah. Aamiin.

#eco_j
#diary_ecoj
#kampungsainskarangkajen
#camelliasinensis
#ecobrewedtea
#sustainablefashion
#lowcost
#lowbudget
#hematenergi
#rumahzakat
#desaberdayabrontokusuman
#energysaving

  8 Komentar

Tulis komentarmu...

Syukron
Tamu
Wah jiannnnnnnnnnnnnnnnnnnnn, barokallah. Keren-keren. Selamat Kampung Sains Karangkajen dan ECO.J
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Penyerahan Bantuan Kursi Roda Kepada Warga


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat