Disperkim Garut Sulap Lingkungan Kumuh Perkotaan Dengan Program Gerbang Cahayaku

2 0 67
Gambar untuk Disperkim Garut Sulap Lingkungan Kumuh Perkotaan Dengan Program Gerbang Cahayaku
Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Garut memilikI Program Gerbang Cahayaku (Gerakan Bangun Cegah Kumuh). Program ini dikelola langsung oleh masyarakat sekitar Kelurahan Pataruman melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Paguyuban Warga Kelurahan Pataruman.

Kepala Disperkim Kabupaten Garut, Eded Komara Nugraha menyebutkan, program ini bertujuan untuk menjadikan lingkungan permukiman agar lebih nyaman ditinggali oleh masyarakat. Salah satu pembangunan yang dilakukan dalam program ini adalah pembuatan MCK (Mandi Cuci Kakus).

“Program Gerbang Cahayaku itu adalah Program Gerakan Bangun Pencegahan Kumuh di perkotaan, kita ingin mengubah yang tadinya kondisi kumuh dengan adanya program ini menjadi tidak kumuh lagi. Di sana ada beberapa program yang akan kita laksanakan misalnya untuk pembuatan MCK, pembuatan jalan lingkungan, kemudian sanitasinya termasuk mungkin ruang terbuka publiknya,” ucap Eded.

Eded menuturkan, Program Gerbang Cahayaku menelan anggaran sebesar 946 juta rupiah dan dikelola langsung oleh swadaya masyarakat setempat.

“Dan pelaksanaan ini oleh BKM setempat, jadi masyarakat disini dilibatkan secara langsung (mengikuti) pelaksanaannya. Dimulai dari perencanaan maupun pelaksanaannya, kita dari dinas ini ada tim teknis fungsinya ini untuk monitoring pelaksanaannya supaya sesuai dengan gambar yang telah direncanakan,” ujarnya.

Kadisperkim Garut berharap, masyarakat setempat bisa mendukung pelaksanaan Program Gerbang Cahayaku ini sehingga kesehatan masyarakat bisa meningkat berkat lingkungan yang bersih dan sehat.

Sumber :
@infogarut.id

#garut #infogarut

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 6
    Komentar

    ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021

  3. 4
    Komentar
  4. 2
    Komentar