Diskusi Tentang isu tematik Advokasi Program Madani

2 0 316
Salah satu agenda yang dilakukan Program MADANI untuk mencapai tujuan yang akan dicapai untuk memperbaiki kapasitas, legitimasi dan keberlanjutan masyarakat sipil di tingkat daerah untuk meningkatkan pertanggungjawaban pemerintah dan keberagaraman sosial di masyarakat melalui strategi mengorganisir Simpul Belajar (Learning Forum) dengan para pemangku kepentingan yang fokus pada peningkatan advokasi organisasi masyarakat sipil (OMS) dan kapasitas berjaringan kerja dan membangun kemitraan antara OMS, pemerintah daerah, media dan sektor swasta mengenai tema pertanggungjawaban dan keberagaman.
Saat ini di 6 kabupaten & kota sasaran Program MADANI di Jawa Timur telah terbentuk Learning Forum (LF) yang melibatkan banyak OMS yang ada diwilayahnya, dan telah juga mensepakati isu tetamik yang menjadi konsern dari masing-masing LF. Bahkan LF juga telah mendapatkan fasilitasi peningkatan kapasitas melalui berbagai kegiatan yang difasilitasi oleh Service Provider melalui TA dan juga pendampingan dari FC dan Mitra utama. Namun demikian situasi dan kondisi masing-masing LF tidak bisa digeneralisasi, karena masing-masing LF memiliki keunikan dan juga kapasitas yang beragam. Namun secara umum LF telah melakukan juga self eveluasi terkait dengan Indek Kinerja Forum (IKF). Itu tematik yang menjadi konsern LF adalah bagian yang sangat penting sebagai pengikat dari keragaman anggota LF dan juga sebagai media untuk pembelajaran bersama dalam kontek kerja advokasi kepada pemerintah daerah dan para pihak yang terkait. Tentunya terkait kapasitas masing-masing LF dalam mengadvokasi berdasarkan isu tematiknya juga beragam. Oleh karena itu untuk memastikan bahwa ada kebutuhan untuk mendapatkan fasiitasi terkait advokasi itu tematik, PSP sebagai salah satu bagian yang memiliki mandat dalam memberikan support pada kerja advokasi LF tepat sasaran, sehingga kerja advokasi yang dilakukan LF menjadi lebih efektif , maka perlu dilakukan asessmen melalui dialog dan diskusi dengan masing-masing LF.
Kegiatan tersebut diawali dengan diskusi one on one bersama Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan (LPKP) Jawa Timur dengan mitra utama Progam MADANI yaitu Perkumpulan Sanggar Hijau Indonesia, yang juga melibatkan pengurus perwakilan simpul belajar Forum Masayarakat Madani Jombang (FMMJ) dan Field Cordinator (FC) MADANI

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar