Diseminasi Program USAID MADANI dan Diskusi Kolaborasi Percepatan Penurunan AKI dan AKB di Kab.Garut

3 2 124
Gambar untuk Diseminasi Program USAID MADANI dan Diskusi Kolaborasi Percepatan Penurunan AKI dan AKB di Kab.Garut
USAID MADANI, program lima tahun kerjasama Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat yang bertujuan meningkatkan akuntabilitas pemerintah dan situasi toleransi di masyarakat melalui penguatan peran masyarakat sipil di tingkat kabupaten/kota di Indonesia, telah memasuki masa implementasi di Kabupaten Garut sejak bulan Maret 2020. Bersamaan dengan proses dan upaya komunikatif, kolaboratif dan konsultatif yang telah dilakukan antara pemda Garut dan USAID Madani, maka telah pula ditentukan area program Madani di Kab.Garut yang akan bersinergis dengan salah satu Prioritas Pembanguan Daerah RPJMD Kab.Garut, pada upaya peningkatan Angka Harapan Hidup (AHH) melalui Strategi Peningkatan Kualitas dan Pemerataan Pelayanan Kesehatan, dengan fokus agenda pada penurunan AKI dan AKB di Kab.Garut.

Fokus penguatan program Madani dengan prioritas pembangunan (Peningkatan Indeks AHH) Kab.Garut tersebut ditekankan kembali oleh Pak Iman Purnama Ridho, SIP,M.Si, Kabid Sosbud Bappeda, yang hadir mewakili Kepala Bappeda Kab Garut ketika membuka acara Diseminasi Program USAID-Madani & Diskusi Kolaborasi Percepatan Penurunan AKI AKB di Kab.Garut, pada hari Kamis, 25 Pebruari 2021, bertempat di Aula Bappeda-PEMDA Kab.Garut.
Acara ini bertujuan mendiseminasikan hasil persiapan program dan pelaksanaan program USAID MADANI di Kabupaten Garut kepada pihak terkait dalam rangka menjaga komitmen dan dukungan terhadap pelaksanaan program dan membangun kolaborasi nyata antar pemerintahan dengan masyarakat, khususnya kontribusi Organisasi Masyarakat Sipil dalam Pembangunan Daerah, terutama dalam kerangka program MADANI dan isu tematik AKI AKB di Kab.Garut. Juga memetakan dukungan dan masukan dari pihak-pihak terkait untuk pelaksanaan program, demikian ulasan Field Coordinator Program Madani Kab.Garut Bapak Rudi Triyana dalam presentasinya.

Ditambahkan Ketua Umum PDNA Garut, Saudari Eka Komalasari, S.Pd dalam sambutannya bahwa sebagai salah satu OMS/CSO yang terpilih sebagai Mitra Utama Program USAID Madani untuk Kab.Garut, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) merasa sangat bersyukur berkesempatan menjadi bagian dari program ini, karena sebagai ormas yang cukup lama berkiprah di Kab.Garut, salah satu fokus gerak organisasinya adalah pada isu perempuan dan anak. PDNA kini bisa lebih meluaskan jaringannya dan keberadaan PDNA semoga lebih dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat luas dan bisa bersinergis dengan stake holder terkait. Basis massa PDNA yang tersebar di hampir seluruh kecamatan se-Kab.Garut pun terdiri dari kaum perempuan, sangat erat sekali dengan isu AKI dan AKB itu sendiri, proses perjuangan semasa kehamilan, persalinan maupun kehilangan janin karena keguguran telah pula turut dirasakan.

Hadir pada kesempatan ini sejumlah tamu undangan dari unsur pemerintah dan organisasi masyarakat sipil Kab.Garut, diantaranya Kabid Sosbud Bappeda sekaligus sebagai narasumber diskusi, Kasubid Sosbud Bappeda, Staff Sosbud Bappeda, Setda Bagian Kesra, Setda Bagian Hukum, Setda Bagian Kerjasama, DPMD, Dinkes, Dinas Sosial, BaKesbangpol. Pimpian Daerah Aisyiyah, Forum Kabupaten Garut Sehat, GOW, Aliansi Pita Putih, Warga Peduli Aids, Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Syamsaka Center Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia Garut. Hadir pula sebagai para narasumber dari unsur Tokoh Masyarakat, Bapak Adjat Sudrajat, M.Si dan ibu Liana Anomsari, SST dari unsur Akademsi, juga ibu Sri Prihatin Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi Kab.Garut yang memaparkan sejumlah data terkait AKI AKB di Kab.Garut.

Proses dialogis interaktif selama sesi diskusi menjadi bukti adanya komitmen dan upaya kolaborasi antar stakeholder yang hadir. Kedepannya, kegiatan diseminasi ini akan dilangsungkan secara berkala dengan menghadirkan para praktisi dari sejumlah lembaga lainnya yang bergerak pada upaya penurunan AKI AKB di Kab.Garut.
© Rosi Siti Rahmawaty, S.Psi
Program Manager Mitra Utama Madani - PDNA Kab.Garut

  2 Komentar

Tulis komentarmu...

Ninuk Np Astuti

Tamu
Selamat dan sukses..semoga sgl niat baik kita di eudhoi Allih SWT.. Aamiin

Suryana

Tamu
Bravo PDNA,, semoga semangat terus berkobar, berkiprah utk perempuan berkemajuan
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 8
    Komentar

    BEMETENG Punya Acara Hari Ini

  3. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  4. 3
    Komentar

    Driver Delivery