Diniati Sebagai Ibadah, Seorang Nenek Di Gresik Rela Jadi Pemulasaran Jenazah Covid-19

3 0 96
Gambar untuk Diniati Sebagai Ibadah, Seorang Nenek Di Gresik Rela Jadi Pemulasaran Jenazah Covid-19
๐—œ๐——๐—ฅ๐—ก๐—˜๐—ช๐—ฆ,๐—œ๐——, ๐—š๐—ฅ๐—˜๐—ฆ๐—œ๐—ž โ€“ Menjadi relawan pemulasaran jenazah Covid-19 tentu tak mudah. Risiko besar menyertai saat dirinya bertugas, dimana mereka sangat rentan tertular. Meski begitu, para relawan tersebut telah bertekad untuk mengabdikan dirinya demi misi kemanusiaan.

Juliati adalah salah satu dari 61 relawan pemulasaran jenazah yang direkrut Pemkab Gresik. Perempuan yang juga aktivis Muslimat NU Gresik itu telah bertekad mengabdi sebagai petugas pemulasaran jenazah. Tingginya angka kematian kasus Covid-19 membuat tenaganya sangat dibutuhkan.

Pagi hari perempuan berusia 49 tahun itu sudah mengenakan baju hazmatnya. Meski baju tersebut terasa menyiksa namun dirinya tidak punya pilihan lain karena sudah menjadi standar prosedur saat dirinya bertugas.

โ€œTugas ini saya niati sebagai ibadah. Saya sadar ini tidak mudah, selain risikonya besar saya juga harus menahan rindu bertemu cucu,โ€ kata Juliati, Rabu (28/7/2021).

Juliati mengungkapkan pada hari pertama bertugas ia langsung dihadapkan dengan banyak jenazah yang meninggal akibat Covid-19. Jenazah-jenazah tersebut berjejer untuk kemudian satu persatu ditangani oleh dirinya dan tim. Ia menyadari bahwa banyaknya jenazah itu tak sebanding dengan petugas yang ada. Meski begitu Juliati bersama rekan-rekannya dengan penuh kesabaran menanganinya satu persatu hingga tuntas.

โ€œKami berada di tempat yang memang membutuhkan tenaga kami,โ€ jelas perempuan yang tinggal di perumahan Pondok Permata Suci (PPS) itu.

Sebagai relawan pemulasaran jenazah, Juliati dan tim bertugas mengambil jenazah dari ruangan, membersihkan najis-najis yang dikeluarkan jenazah dari semua lubang tubuh. Kemudian memandikan jenazah, mendisinfektan, mengkafani hingga memasukkan ke dalam peti jenazah.

Sebelum bergabung sebagai relawan pemulasaran jenazah, Juliati memang sudah kerap membantu mengurus jenazah di kampungnya. Karena itu ia telah terbiasa dengan tugas ini.

Meski awalnya suami dan anak-anaknya sempat mencegahnya karena khawatir dengan risiko, namun Juliati tetap dengan niatnya untuk mengabdikan diri sebagai relawan pemulasaran jenazah Covid-19.

โ€œSaya punya ilmu dan keahlian mengurus jenazah, jadi harus saya amalkan. Alhamdulillah akhirnya saya mendapat restu dari semua keluarga,โ€ pungkasnya. (kor-1)

Sumber :
https://www.idrnews.id/diniati-sebagai-ibadah-seorang-nenek-di-gresik-rela-jadi-pemulasaran-jenazah-covid-19

#WargaBantuWarga

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. VAKSINASI INDONESIA BANGKIT


Komentar Terbanyak

  1. 10
    Komentar
  2. 4
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar