Bupati Bulukumba bersama PDNA Bahas Program Kolaborasi

1 0 306
Gambar untuk Bupati Bulukumba bersama PDNA Bahas Program Kolaborasi
Bulukumba. Hari ini Rabu, 01 September 2021, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Bulukumba melakukan audiens dengan Bupati Bulukumba A. Muchtar Ali Yusuf.

Rombongan PDNA Bulukumba diterima di rumah Jabatan Bupati tepatnya di Pondopo dan diterima langsung oleh bapak Bupati Bulukumba H.Andi Muchtar Ali Yusuf dan didampingi oleh Kepala Kesbangpol Ahmad Arfan.

Audiens ini dipandu oleh Ahmad Arfan dalam pengantarnya mengatakan maksud dan tujuan kedatangan PDNA Bulukumba dengan rencana FGD (focus group discussion) Penyepakatan Desa Piloting dan satu unit Puskesmas dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak.

Bupati Bulukumba menyambut baik dan mengajak untuk bersama-sama membangun Bulukumba, saling membantu untuk besarkan Bulukumba, ketika ada kebijakan pemerintah yang salah mari kita selesaikan secara duduk bersama, berdialog untuk mencari solusi untuk kebaikan masyarakat Bulukumba.

Satnawati selaku ketua PDNA Bulukumba mengatakan dalam pengantarnya bahwa PDNA Bulukumba merupakan salah satu organisasi organisasi otonom Muhammadiyah tempatnya sebagai organisasi putri Muhammadiyah.

Selain itu ia menyampaikan bahwa, pada tahun 2019 PDNA bersama 8 Organisasi Masyarakat Sipil dan LSM yang ada di Bulukumba mengikuti seleksi dan Alhamdulillah PDNA Bulukumba yang terpilih sebagai mitra utama program Madani yang di support oleh USAID.

Program ini akan berlangsung selama 3 tahun dan saat ini program Madani sudah masuk pada tahun dua implementasi beriringan dengan implementasi program Madani di 32 Kabupaten/Kota dan 6 Provinsi.

Dalam perjalanannya, di tahun pertama (baca:tahun 2020) Kami telah berkolaborasi dengan Dinkes terkait program KIA (baca: Kesehatan Ibu dan Anak), DP3A terkait advokasi dan perlindungan perempuan dan anak, dengan BAZNAS terkait program pencegahan Stunting, Tambahnya.

Manager Program Arifah Ulviah mengatakan kami sebagai OMS dibawah binaan Kesbangpol Bulukumba telah melaksanakan program Madani tentu tidak terlepas dari arahan dan bimbingan Pak Ahmad Arfan selaku Kepala Kesbangpol Bulukumba.

Arifah juga menyampaikan bahwa program Madani akan berjalan selama 3 tahun di Bulukumba yang telah dimulai sejak 2020 hingga tahun 2023 mendatang.
Ditahun pertama ini kami telah melakukan program peningkatan kapasitas internal Lembaga PDNA dan telah dibentuk simpul belajar FORMAP-KIA (baca: Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak) yang didalamnya tergabung 15 OMS dan media. Salah satu kegiatan forum simpul belajar yakni mengadvokasi kebijakan dan anggaran kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Di tahun kedua ini kami akan membentuk Desa piloting sebagai percontohan dalam peningkatan kwalitas pelayanan kegawatdaruratan ibu bersalin dan bayi baru lahir dan pembentukan forum masyarakat Desa dalam rangka peningkatan akuntabilitas pemerintah.

Harapan dengan pelaksanaan program Madani ini semoga kedepan kami sebagai mitra utama bisa beraprtisipasi untuk menurunkan AKI dan AKB di Kabupaten Bulukumba, tutupnya.

Bupati Bulukumba mengapresiasi Program Nasyiatul Aisyiyah Bulukumba yang sejalan dengan program Pemerintah dimana Pemerintah Daerah telah mencanangkan Program Grebek Stunting, mulai tingkat dusun sampai kabupaten, dengan mendata secara update.
Grebek Covid-19 mulai tingkat dusun sampai kabupaten maka dari itu kami berharap CSO membantu pemerintah agar kasus covid ini bisa turun dengan memperhatikan pelaksanaan program yang sesuai protokol kesehatan.
"Saya mengajak kita semua untuk bekerja sama dalam menjalankan program ini, Saya apresiasi atas program yang terlaksana ini yang di dukung oleh USAID, dan sebagai pemerintah daerah akan support dalam pelaksanaan program ini".

"Kita semua harus terlibat untuk bersama-sama dalam mencegah covid dengan mengedukasi baik itu keluarga, kerabat, masyarakat dalam upaya penanganan covid dengan prokes yang ketat dan berusaha mendapatkan vaksin", tutupnya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Penyerahan Bantuan Kursi Roda Kepada Warga


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat