Babinsa Koramil Kutorejo Bersama Ketua PPKM & Nakes Lakukan Tracing Covid-19

4 0 82
Gambar untuk Babinsa Koramil Kutorejo Bersama Ketua PPKM & Nakes Lakukan Tracing Covid-19
Mojokerto, - Babinsa Desa Gedangan Koramil 0815/13 Kutorejo Kodim 0815/Mojokerto Serda Darsoni melaksanakan pendampingan kegiatan tracing dan testing dengan rapid test antibodi terhadap 17 warga kontak Pasien Covid-19, di Dusun Jatisari, Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (22/06/2021).

Tracing dan testing terhadap 17 warga Dusun Jatisari Desa Gedangan ini, bertujuan untuk memastikan keamanan dan kesehatan keluarga pasien, termasuk yang memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19. Hal ini dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Desa Gedangan.

“Kegiatan tracing tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan dipimpin langsung Ketua PPKM Desa Gedangan yang juga Kades Gedangan, Witono”, kata Serda Darsoni yang turun langsung mendampingi kegiatan tracing.

Sementara itu, Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., saat dikonfirmasi menyampaikan, selain untuk memastikan keamanan keluarga, tracing dan testing ini juga untuk membantu mempermudah pelaksanaan isolasi mandiri bagi warga yang terdeteksi Covid-19, karena rapid test antibodi ini, dapat mendeteksi secara dini apabila antibodi dalam darah seseorang terinfeksi virus corona.

Lebih lanjut Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., menghimbau warga agar tetap patuh pada protokol kesehatan dari luar (eksternal) dengan mempedomani, mematuhi dan menerapkan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas).

“Protokol kesehatan dari dalam, diantaranya menjaga pola makan, rajin berolahraga, menjaga pola istirahat dan jangan putus berdo’a, agar tercapai imunitas yang baik, menguatkan keimanan, dan tercapai keamanan pada diri sendiri”, ujarnya.

Alhamdulillah, masih lanjutnya, hasil rapid test antibodi ini hasilnya non reaktif semua. “Kami harap untuk masyarakat jangan bosan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang sudah diberlakukan, agar perkembangan virus Covid-19 bisa diminimalkan", tutupnya.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan rapid tes antibodi dilakukan Tenaga Kesehatan (Nakes) UPT Puskesmas Kutorejo, dibantu Bidan Desa setempat, Amalia, A.Md. Keb., dengan didampingi Ketua PPKM Desa Gedangan yang juga Kades Gedangan, Witono, Babinsa Gedangan Serda Darsoni dan Wakil Ketua PPKM Desa Gedangan, Aminin.

Sekedar informasi, rapid test antibodi adalah test untuk mendeteksi adanya antibodi dalam darah seseorang yang diyakini telah telah terinfeksi Covid-19. Cara kerja rapid test antibodi ini dengan mengambil darah untuk sampel pemeriksaan, yang hasil bisa diketahui dalam waktu antara 10 hingga 15 menit.

Masih di wilayah Kutorejo, kegiatan tracing dan testing juga dilakukan bagi tiga orang warga yang memiliki kontak erat dengan Pasien Covid 19, yakni di Dusun Kenjoro Desa Windurejo. Di lokasi ini ketiga warga tersebut menjalani test swab sebagai kelanjutan dari rapid test sehari sebelumnya karena hasilnya reaktif.

Kegiatan test Swab ini, dilakukan Nakes UPT Puskesmas Pesanggrahan dibantu Bidan Desa setempat, Anik Nurhayati, A.Md., Keb., didampingi Babinsa Windurejo Sertu Sutrisno, Bahabinkamtibmas Bripka Samsir, Sekdes Arif Widodo, Kasun Kenjoro, Karyo. Untuk hasil swab menunuggu dari Labkesda Kabupaten Mojokerto.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar