ASSESSMENT PPO DAUN HIJAU DI KELURAHAN MANGKOSO, LOKASI PILOTING LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

1 0 141
Gambar untuk ASSESSMENT PPO DAUN HIJAU DI KELURAHAN MANGKOSO, LOKASI PILOTING LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
Assessment di kelurahan Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja, salah satu dari tiga lokus piloting advokasi dan pengawasan layanan administrasi kependudukan, dilakukan oleh PPO Daun Hijau dan Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barru.
Berbagai data dikumpulkan terkait layanan administrasi kependudukan, baik pengurusan KTP, KK, KIA dan berbagai akta kependudukan, dilakukan sebagai tahap awal untuk menyusun langkah-langkah pelaksanaan piloting. Kunjungan pada tanggal 13-8-2021, diterima oleh Sekretaris Kelurahan, Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Seksi Perekonomian, Operator layanan administrasi kependudukan dan Staf Kelurahan Mangkoso.
Selama ini, layanan administrasi kependudukan tidak mengalami banyak hambatan walaupun dukungan sarana prasarana masih perlu dilengkapi, ujar Hasmawati, Kepala Seksi Pemerintahan. Setiap hari pemohon yang dilayani antara 5-10 orang yang didominasi oleh pengurusan dokumen akte kelahiran selanjutnya KTP dan KK, demikian menurut Operator Pelayanan. Ditambahkan oleh operator bahwa yang sering menjadi hambatan adalah jaringan internet yang lambat dan pemohon harus menunggu beberapa hari untuk penyelesaian dokumen karena jumlah pemohon setiap minggu dibatasi. Selain itu jaringan internet yang cenderung lemot, menghambat pengiriman dokumen ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil karena semua kelengkapan dokumen di scan dan dikirim melalui e-mail.
Terkait kebutuhan sarana dan prasarana, Jon Rantepadang dari PPO Daun Hijau mengemukakan, siap memfasilitasi ke Pemerintah Kabupaten karena Kelurahan Mangkoso sebagai lokus piloting akan menjadi rujukan dari kelurahan lainnya, apabila piloting memberikan hasil yang baik. Selain itu, juga akan difasilitasi pembentukan Forum warga, sebagai wadah komunikasi masyarakat Kelurahan Mangkoso yang terdiri dari 2 lingkungan, jika menghadapi masalah yang berhubungan dengan layanan administrasi kependudukan dan masalah layanan publik secara umum.
Untuk penyediaan sarana dan prasarana, diharapkan Pemerintah Kabupaten dapat menyiapkan sarana berupa komputer dan printer dan scanner sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan untuk mempermudah dan mempercepat layanan administrasi kependudukan, ujar Maya, Kepala Bidang Layanan Kependudukan.

Selain itu PPO Daun Hijau akan memfasilitasi penyusunan SOP berbagai layanan administrasi kependudukan sehingga masyarakat dapat mengetahui alur proses pengurusan dokumen dan dapat disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga dapat membantu dan mempermudah pengurusan dokumen kependudukan.
Dokumen kependudukan sesuai jadwal akan dikirim ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setiap hari Rabu dan dijemput pada hari Jumat, apabila sudah selesai, dokumen diantar oleh petugas kelurahan ke rumah pemohon

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar