ASSESSMENT LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI LOKASI PILOTING DESA GALUNG

1 0 119
Gambar untuk ASSESSMENT LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI LOKASI PILOTING DESA GALUNG
JON RANTEPADANG, BARRU
Anggota PPO Daun Hijau dan Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barru bersama-sama mengadakan assessment ke desa Galung Kecamatan Barru sebagai tahap awal pelaksanaan piloting isu tematik.
Kunjungan pada tanggal 27-6-2021, diterima oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Seksi Pemerintahan, Operator pelayanan kependudukan dan Staf Desa Galung, diperoleh banyak informasi terkait layanan kependudukan. Selama ini pelayanan administrasi kependudukan tidak mengalami masalah yang berarti, ujar Jumardin, Kepala Desa Galung. Setiap hari rata-rata jumlah masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan antara 5-15 orang, dengan rincian layanan KTP, Kartu Keluarga, Surat Pindah dan akte kelahiran. Apabila dokumen lengkap, akan langsung discan dan dikirimkan melalui e-mail ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan pada hari Rabu petugas dari desa akan menjemput dokumen di DInas Kependudukan dan menyerahkan kepada yang bersangkutan. Penduduk yang mengurus dokumen kependudukan akan dihubungi melalui telephon atau Whatsapp bila dokumen telah selesai, ujar Wahyuddin, Sekretaris Desa Galung.
Pengurusan dokumen kependudukan di desa Galung, sesuai jadwal akan dikirim ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setiap hari Senin dan dijemput pada hari Rabu, jadi penduduk yang mengurus pada hari Kamis, tetap disesuaikan dengan jadwal pengiriman pada hari Senin dan hari Rabu sudah dapat diambil di Kantor Desa, kecuali bila sangat urgent atau mendesak, dapat diselesaikan pada hari itu juga.
Dokumen kependudukan dapat dicetak di desa kecuali KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA) masih tetap dicetak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Hal yang sangat memudahkan layanan administrasi kependudukan, karena penduduk tidak perlu lagi datang ke Dinas Kependudukan di ibukota Kabupaten, tapi langsung di layani di kantor desa.
Dari total jumlah penduduk 2.171 jiwa, yang wajib KTP sjumlah 1.800 dan hapir 100 persen sudah memiliki KTP. Pengamatan dari anggota PPO Daun Hijau yang perlu difasilitasi adalah penyusunan SOP layanan administrasi kependudukan, sehingga masyarakat yang akan mengurus dokumen memahami alurnya, selain itu perlu dibentuk forum warga yang akan menjadi corong masyarakat bila mengalami hambatan dalam mengakses layanan kependudukan dan layanan publik lainnya. Selain itu, desa perlu mengadakan beberapa sarana di antaranya perangkat komputer, printer dan scanner yang khusus digunakan untuk layanan kependudukan, sehingga tidak menghambat pekerjaan administrasi lainnya.
Diharapkan Desa segera menyiapkan sarana berupa komputer dan printer sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan untuk mempermudah dan mempercepat layanan administrasi kependudukan, ujar Maya, Kepala Bidang Layanan Kependudukan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar