Ada Kelas Malam di Workshop Sharing Pembelajaran

0 0 13
Gambar untuk Ada Kelas Malam di Workshop Sharing Pembelajaran
Tak seperti biasanya, kelas belajar USAID MADANI kali ini ada sesi malamnya. Meski hujan mengguyur, semangat dan antusias dari para peserta tetap kokoh. Kegiatan berlangsung sejak pukul 08:00 Wita dan ditargetkan berakhir pada pukul 22:00 Wita, sebagaimana kesepakatan dengan pihak Hotel Agro Wisata.

Dalam kelas malam ini yang menjadi topik pembahasan adalah sistem dan management sumberdaya yang disampaikan oleh Nurlaela dari Perkumpulan Wallacea dan Rizal Muthahari dari Mitra Swadaya Mandiri.

Pembicara pertama yang akrab disapa Elha menyampaikan, kelas ini adalah kelas sharing. Bukan bermaksud untuk menggurui, tetapi kami mencoba mentransformasi hasil kelas yang kami ikuti secara daring dengan REMDEC beberapa waktu yang lalu. Output dari pelatihan itu sebenarnya melahirkan SOP ketenagakerjaan.

Rizal Muthahari yang saat itu menjadi tim sharing dari Mitra Swadaya Mandiri menyampaikan, terus terang saya agak kerepotan jika pembelajaran secara daring. Beruntung saya terus ikut di pertemuan Simpul Belajar Lamaranginang di Luwu Utara. Hari ini saya diminta untuk berbagi juga dengan bapak dan ibu sekalian.

‘’Sebagaimana yang disampaikan oleh saudari Elha tadi bahwa Output dari pelatihan itu sebenarnya melahirkan SOP ketenagakerjaan. Yang paling jarang memang di CSO adalah membuat SOP dan menerapkan SOP tersebut. Biasanya SOP dibuat jika akan ada permintaan dari donor sebagai syarat. Padahal menurut saya SOP ini adalah ruh organisasi,’’ ujar Rizal dalam pemaparannya.

Sesi keduanya berakhir setelah satu jam berjibaku dengan peserta. Sementara satu jam waktu tersisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh tim sharing lainnya, yaitu Maryam dan Yuni untuk sharing managemen keuangan.

Selama satu jam penuh, pembicara dan CSO yang hadir mendiskusikan secara serius soal perencanaan, pengelolaan, pengawasan, dan pengembangan informasi keuangan. Hampir-hampir mereka lupa waktu, sekiranya tak diingatkan oleh pihak hotel.

Sainal Abidin sebagai fasilitator dalam kegiatan ini, tanggap melihat kondisi, dan langsung menskorsing pertemuan dan akan dilanjutkan besoknya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

    Sasa Rahayu Safitri  di  Andong, Boyolali  |  21 Feb 2021
  2. Warga RT 001, RT 002 Dan 008, RW 01 Kelurahan Kebon Pala Mengevakuasi Kendaraan

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Makasar, Jakarta Timur  |  20 Feb 2021
  3. Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Pohon Tumbang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Kota  |  21 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Mar 2021
  4. 3
    Komentar