67 Tahun UPI berkontribusi untuk Pendidikan: Siap mencetak pemimpin & pengelola siswa digital native

1 0 70
Gambar untuk 67 Tahun UPI berkontribusi untuk Pendidikan: Siap mencetak pemimpin & pengelola siswa digital native
Jumat, 22 Oktober 2021 menjadi peringatan berdirinya Universitas Pendidikan Indonesia yang kini kokoh berdiri 67 tahun. Sebagai lembaga penyedia tenaga pendidikan UPI menyiapkan kompetensi terbaik untuk mengelola pendidikan bagi generasi Z yang mahir menggunakan teknologi. Generasi Z merupakan generasi yang terlahir dari tahun 1995 sampai 2009, disebut sebagai digital native dengan familiaritasnya terhadap teknologi digital. Melihat fenomena tersebut, UPI dan Kemndikbud mempersiapkan pula tenaga pendidikan yang dapat menyeimbangi konektivitas gen Z.

UPI focus untuk mencetak tenaga pendidik yang memiliki fleksibilitas dan karakter pelajar sepanjang hayat. Sebab Gen Z tidak lagi membutuhkan konten akademik berupa hafalan konsep dan teori. Tenaga pendidik diarahkan untuk memimpin dan mengelola siswa dalam pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan. Hal tersebut akan didapatkan melalui peran guru sebagai pengenal siswa dengan alat literasi dan numerasi dasar yang akan menjadi basis keterampilan mereka dalam mendapatkan ilmu.

Selain kontribusi dalam mencetak tenaga pendidikan berkualitas, UPI juga kerap mencetak prestasi di berbagai bidang. Dengan lebih dari 100 program studi, UPI kian mengembangkan inovasi dan kreativitas melalui berbagai kompetisi. Bapak Syaiful Fuada, S.Pd., M.T. sebagai salah satu dosen UPI kampus Purwakarta baru-baru ini dianugerahi peringkat ke-3 dalam inovasi non-Pendidikan. Prestasi tersebut tentu meningkatkan daya juang kompetisi baik dalam bidang akademik maupun akademik bagi civitas academica UPI.

Transformasi kompetensi guru yang dilakukan UPI terwujud dalam gagasan Continuous Professional Development (CPD) bagi guru. Dengan CPD UPI dapat menyiapkan guru menjadi pemimpin siswa dan pengelola siswa dalam pembelajaran. UPI dan Kemndikbud juga melahirkan empat trnasformasi pendidikan Indonesias yang berpusat pada sekolah dan otonominya, system integral dan mempersiapkan guru sebagai pendidik yang mampu memimpin digital natives.

Dengan langkah-langkah inovatif tersebut, UPI sebagai kampus pendidikan terbesar dii Indonesia siap untuk memberikan kontribusi terbaiknya bagi pendidikan di Indonesia.

Dirgahayu UPI ke-67

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru