61 Pohon Ditanam di RTH Jankes Munjul

0 0 150
Gambar untuk 61 Pohon Ditanam di RTH Jankes Munjul
Sebanyak 61 pohon berbagai jenis dan ukuran ditanam di RTH Munjul, Jl Buntu, RW 01 Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (29/10). Penanaman pohon ini rutin dilakukan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, setiap Jumat dengan lokasi berpindah-pindah.

Penanaman pohon di areal seluas 2,8 hektare ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI, Romi Sidharta dan melibatkan sekitar 50 pegawai jajaran Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI.

Romi Sidharta mengatakan, kegiatan yang dikemas dalam program Jumat Menanam ini merupakan kali kedua yang dilakukan pihaknya. Sebelumnya digelar di Kupingan Flyover Antasari, Jakarta Selatan. Tujuannya untuk menambah vegetasi di 1.800 ruang terbuka hijau milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI yang tersebar di wilayah Ibu Kota.

"Jumlah pohon yang ditanam di Jankes Munjul ini ada 61 pohon dengan diameter 12 sentimeter, 15 sentimeter hingga 30 sentimeter. Ini akan menambah hijau area RTH agar lebih sejuk dan nyaman," kata Romi, usai memimpin penanaman pohon tersebut.

Dia menjabarkan, 61 jenis pohon yang ditanam ini terdiri dari delapan Pohon Tabebuya Kuning diameter 15 sentimeter, Buttercup lima pohon, Flamboyan diameter 15 sentimeter ada lima pohon. Kemudian Spatodea diameter 15 sentimeter ada lima pohon, Tabebuya Pink dan Putih diameter 12 sentimeter ada 30 pohon. Seluruh pohon ini hasil pengadaan tahun 2021.

"Dengan pohon diameter yang besar maka proses pertumbuhannya lebih cepat dan pengembangan batang pohonnya juga cepat bertambah. Sehingga pohon cepat rindang," lanjut Romi.
Disebutkan, daelri 1.800 RTH ini akan terus ditambahkan jumlah pohonnya. Termasuk juga jenis pohon langka khas Betawi akan ditanam di sana. Di antaranya Pohon Buni, Jamblang, Kecapi, Matoa dan sebagainya.

Melalui program ini, kata Romi, pihaknya ingin mengajak masyarakat agar gemar menanam. Kegiatan menanam bisa memanfaatkan pekarangan yang ada di rumah atau menggunakan pot.
"Kami akan mengajak masyarakat untuk ikut program menanam ini, agar Jakarta jadi lebih hijau," tandasnya.

Sumber: Humas Pemprov DKI Jakarta

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar