4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

20 8 482
Gambar untuk 4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA
Orang tua yang mempunyai anak pada usia dini terdapat beberapa kebutuhan yang dibutuhkan oleh seorang anak dan orang tua harus memenuhi nya.

Pada kondisi yang seperti ini, yaitu pandemic Covid-19 makanan bergizi sangat di butuhkan untuk kesehatan anak dan orang tua. Makanan yang bergizi dapat membantu melawan virus untuk memasuki tubuh seorang anak usia dini yang kesehatan nya masih terbilang mudah untuk terkena penyakit.

Rose Mini Agoes Salim (Ketua Program Studi Psikologi Universitas Indonesia) mengatakan ada 4 kebutuhan dasar anak usia dini, yakni usia 1-6 tahun.

1. Kesehatan
Kesehatan adalah poin utama dalam kebutuhan seorang anak usia dini yang harus dipenuhi oleh orang tua. Dengan orang tua memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi setiap hari, menjaga kesehatan anak dengan memberi vitamin, mengajak anak berolahraga, dan mencinptakan lingkungan yang bersih dan sehat sudah dapat membuat kesehatan anak terjaga.

2. Pendidikan
Pendidikan adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan orang tua. Pendidikan sangat di wajibkan karena itu adalah hak seorang anak untuk mendapatkan Pendidikan yang layak. Orang tua hendaknya memberikan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang seorang anak. Hal itu penting untuk perkembangan kognitif, psikomotorik, dan psikologis anak.

3. Pengasuhan
Sejak di bangku sekolah pengasuhan memang sudah bisa diperoleh, tetapi pengasuhan dari orang tua lebih penting dan sangat dibutuhkan oleh seorang anak pada usia 1-6 tahun. Memberikan perhatian dan makanan sehat juga termasuk dalam pola asuh, maka dari itu orang tua hendaknya memberikan pengasuhan yang efektif dan positif.

4. Perlindungan
Perlindungan yang dimaksud bukan berarti mengamankan anak dari ancaman diluar ataupun di dalam rumah. Maksud dari perlindungan disini yaitu, membatasi penggunaan gawai, pengelolaan emosi yang tepat, karena dampak nya akan sangat buruk jika tidak di control dengan baik dan tepat, dan juga berdampak serius pada perkembangan anak.

Supaya keempat kebutuhan dasar bagi anak usia dini dapat dilakukan, orang tua hendaknya menggunakan Bahasa yang sederhana dan konkret dan disampaikan nya dengan penuh ekspresif.

Bukan hanya itu, anak pada usia dini juga bisa dikatakan sebagai peniru ulung, karena itu orang tua perlu memperhatikan cara berbicara, bertingkah laku, mengatur emosi, dan melabelisasi anak.

#newnormalAtmaGo

  8 Komentar

Tulis komentarmu...

Abduh Rusid Gafar
Tamu
Setuju sekali dengan 4 Kebutuhan Dasar anak usia dini tersebut di atas. Mungkin akan lebih baik lagi, jika penanaman agama diikutsertakan juga sejak usia dini. Pembentukan akhlaq dan pengisian rohani. In Shaa Allah, ke-empat kebutuhan tadi akan terpenuhi dengan sendirinya.
Arif Armansyah
Tamu
Di atas merupakan kebutuhan yg paling mendasar untuk anak-anak. Akan tetapi, di luar dari yang telah disebutkan dalam tulisan, yang sangat diperlukan oleh mereka adalah kasih sayang dan waktu untuk menjadi pendengar yang baik.
Devy Saad
Tamu
Iya betul, ini adalah kebutuhan2 mendasar yang sangat diperlukan anak2 yang dimulai dari usia dini yang diharapkan akan membemtuk pola hidup sehat jiwa & raga kalau mereka dewasa nanti.
Caroline Hutauruk
Tamu
Betul sekali orang tua harus mendidik dan mengingatkan anak nya slalu berakhlak yg. Baik
Mala
Tamu
Sangat setuju, peran org tua bukan hanya memberi makan, pendidikan dan pengasuhan namun lbh dari itu harus memberi contoh yg baik dalam bertutur kata maupun bertindak
Vita
Tamu
Betul sekali orangtua harus memperhatikan kepentingan anaknya terutama di pendidikan , dan perhatian yang cukup kepada anak2nya , agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik
Dino
Tamu
Tepat sekali emang ortu wajib memikirkan kebutuhan anak²nya agar anak²menjadi penerus keluarga yg baik dan sehat jiwa raga.
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)

  3. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru